Lifestyle – Manfaat Gliserin untuk Kulit – Gliserin adalah salah satu cairan kental yang tidak memiliki warna dan tidka berbau. Cairan tersebut dapat bercampur dengan air dan alkohol yang diperoleh dari lemak hewani atau nabati, atau bisa juga dari fermentasi glukosa. Gliserin atau gliserol ini biasa digunakan sebagai bahan kosmetik, pengawet obat-obatan, pelembab buah-buahan atau tembakau. Ia akan menarik oksigen kedalam kulit, sehingga membantu untuk mempertahankan kelembapan kulit.

Selain itu, gliserin juga dapat digunakan pada rambut. Tetapi, meskipun dapat dioleskan pada kulit, kamu tidak bisa langsung meletakannya pada rambut. Nah, berikut ini adalah cara terbaik untuk memanfaatkan gliserin untuk rambut dan kulit.

Manfaat Gliserin untuk Kulit dan Rambut

Manfaat Gliserin untuk Kulit

Rambut Keriting

Gliserin akan menarik kelembapan dari udara kedalam batang rambut. Ia akan bekerja sebagai konditioner, apalagi jika rambut keriting cenderung lebih kering dari jenis rambut lainnya karena bentuk batang rambutnya.

Nah untuk memanfaatkan gliserin yang pertama adalah dengan membuat semprotan gliserin untuk melembapkan rambut, lalu kocok dengan baik dan tambahkan tiga tetes minyak esensial dan semprotkan pada rambut setelah mandi.

Untuk Kulit

Gliserin dapat melembapkan serta mempercepat proses penyembuhan, mengurangi memar serta membantu perbaikan jaringan dan sel kulit.

Cara untuk memanfaatkannya adalah campurkan gliserin, madu dan air atau susu. Lalu tambahkan oatmeal untuk mendapatkan tekstur yang tebal dan oleskan pada wajah, bilas setelah 20 menit.

Jangan gunakan gliserin berlebihan, pasalnya dosis yang terlalu tinggi dapat membuat kulit melepuh dan rambut menjadi rapuh. Untuk menghindari kondisi tersebut, encerkan terlebih dahulu gliserin dan campurkan dengan minyak jojoba.

Mempertahankan Keseimbangan Air

Fungsi Humektan pada gliserin menarik air dari udara, serta mempertahankan kadar air di kulit. Selai itu, humektan juga dapat menjaga keseimbangan air di kulit pada tingkat antersel.

Menutrisi Kulit

Gliserin dapat bertindak sebagai emolien, jadi tak hanya akan menjaga kelembapan kulit saja. Melainkan juga membuat kulit lembut dan kenyal ketika disentuh. Bahan ini juga akan membuat kulit terhindar dari pecah-pecah serta tidak terlihat bersisik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *