Manfaat Tepung Tapioka
Uncategorized

Inilah Manfaat Tepung Tapioka untuk Kecantikan dan Kesehatan

Lifestyle – Manfaat Tepung Tapioka – Tepung tapioka merupakan salah satu bahan makanan paling terkenal, lezat dan bregizi. Tapioka juga dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko yang menjual bahan-bahan memasak. Tepung yang terbuat dari ekstrak atau sari pati umbi singkong ini sering kali digunakan dalam pembuatan bubur kacang hijau, bakso aci, siomay dan lain-lain.

Hal tersebut dikarenakan tepung tapioka dapat membuat tekstur makanan ini menjadi lebih kenyal ketika digigit. Selain itu, tepung tapioka ini memiliki kandungan selenium, kalsium, tembaga, mangan, zat besi, vitamin B6, asam folat, pathothenic, vitamin, karbohidrat yang membuatnya sangat baik untuk kecantikan.

Inilah Manfaat Tepung Tapioka untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Tepung Tapioka

Nah, berikut ini adalah manfaat dari tepung tapioka yang jarang diketahui untuk kecantikan dan kesehatan.

Membantu Mencerahkan Kulit

Tepung tapioka memiliki manfaat yang sangat baik untuk kecantikan. Karena tepung ini bisa membantu mencerahkan kulit yang menggelap karena paparan sinar matahari, mencerahkan bekas jerawat serta membantu menyamarkan flek hitam yang disebabkan oleh proses penuaan dini.

Tepung ini juga dijadikan sebagai masker wajah, caranya adalah dengan mencampurkannya dengan 20 gram bubuk kacang hijau. Lalu diaduk-aduk secara bersamaan dengan satu sendok teh madu. Setelah itu, aplikasikan pada kulit wajah dan diamkan selama kurang lebih 20 menit hingga 30 menit, dan bilas dengan air bersih.

Meregenerasi Kulit

Manfaat lainnya dari tepung tapioka untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu meregenerasi kulit. Hal tersebut  dikarenakan tepung tapioka ini memiliki sifat sebagai eksfoliator. Sehingga dapat membantu mengangkat sel kulit mati.

Caranya adalah, campurkan satu sendok tepung tapioka lalu campurkan dengan kuning telur dan 3 stroberi. Lalu, aplikasikan pada wajah dan diamkanlah selama 15 menit. Jika sudah lalu gosok pelan-pelan dan bilas dengan air hangat.

Mengatasi Biang Keringat

Manfaat selanjutnya tepung tapioka adalah menyembuhkan biang keringat. Biasanya, biang keringat terjadi pad bayi dan anak-anak. Biang keringat dapat menimbulkan rasa gatal dan kulit kemerahan.

Nah, untuk menyembuhkannya menggunakan tepung tapioka, tepung tapioka dibasahi terlebih dahulu hingga membentuk pasta. Setelah itu, aplikasikan ke kulit yang mengalami biang keringat, dan biarkan hingga kering. Jika sudah lalu bersihkan dengan air dingin.

Mengontrol Tekanan Darah

Jika membicarakan tentang manfaat dari tepung tapioka, hal itu akan menjadi sebuah kesalahan jika tidak meningkatkan sirkulasi yang tidak disebutkan juga. Seperti yang kamu lihat, zat besi sangatlah penting untuk fungsi tubuh dan memainkan peran penting dalam menciptakan sel darah merah baru. Selain didalam tapioka juga terkandung zat besi dan tembaga yang dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah merah di tubu.

Karena itulah, sehingga tapioka dapat membantu mencegah anemia atau masalah yang terkait dengannya. Nah, selanjutnya ketika tubuh memproduksi sel darah merah, sistem perifer, serta ekstremitas, juga memastikan aliran oksigen dan darah yang sehat tetap beroperasi pada tingkat optimal.

Mengatasi Flu

Selain mengontrol tekanan darah, tepung tapioka juga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit seperti flu atau demam yang biasanya disebabkan karena infeksi virus.

Nah cara untuk mencegah flu ini bisa dengan menggunakan 12 gram tepung tapioka yang dicampurkan dengan sedikit gula dan air, lalu diaduk hingga larut dan minumlah ramuan tersebut.

Meningkatkan Pertumbuhan Otot

Karena tepung tapioka memiliki kandungan protein dalam jumlah besar, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan otot dan menguatkannya. Dengan kata lain, tepung tapioka juga akan menyembukan tubuh dan memungkinkan fungsi-fungsi lain dilakukan dengan cara yang lebih halus.

Menghilangkan Jerawat, Bekas Luka dan Bintik-bintik

Manfaat lainnya dari tepung tapioka adalah membantu membersihkan jerawat, bekas luka serta bintik-bintik pada kulit. Tapioka telah digunakan untuk mendetoksifikasi kulit dan memiliki potensi menghilangkan racun dari kulit. Sehingga kulit dapat menjadi lebih bersih dan cerah serta halus. Kamu bisa mengolahnya menjadi minuman atau masker kulit.

 Memelihara Kesehatan Pencernaan

Tak ada yang dapat menyangkal jika salah satu manfaat kesehatan tapioka adalah untuk membantu pencernaan. Hal ini dikarenakan, serat makanan yang dapat dengan mudah ditemukan di tapioka.

Seperti yang kita ketahui, serat memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kondisi tubuh, termasuk pencernaan. Tapioka dapat membantu menghilangkan konstipasi, nyeri usus dan kembung serta beberapa gangguan yang lebih serius seperti kanker dan kolorektal.

Selain itu, serta juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan menyingkirkan kelebihan kolestrol dari dinding pembuluh darah dan arteri.

"Roda hidup terus berputar bagi sebagian orang, sisanya mah ya gitu-gitu aja."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *