Tips Mengangkat Sel Kulit Mati Secara Alami dan Efektif

Mengangkat Sel Kulit Mati

Lifestyle – Mengangkat Sel Kulit Mati – Mengangkat sel kulit mati ternyata tak cukup hanya dengan membasuh wajah setiap hari. Hal tersebut diakrenakan kulit wajah terdiri dari dua lapisan berbeda, lapisan epidermis dan dermis. Pada Kulit bagian dalam yang sehat , secara bertahap akan mencuat ke permukaan, lalu akan kehilangan mekanisme selulernya.

Sel kulit mati bisa menghabiskan siklus hidupnya dan mencapai lapisan terluar kulit selama sekitar dua minggu, hingga satu bulan. Jika sel kulit mati telah menumpuk, hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kasar dan berisiko timbulnya jerawat. Nah, inilah waktunya untuk melakukan pengelupasan kulit.

Penyebab Kulit Wajah Menjadi Kering

Kulit menghasilkan minyak secara alami yang disebut dengan sebum, jka kulit memproduksi minyak terlalu banyak maka dapat menyebabkan jerawat. Tetapi, sebum ini memiliki fungsi menjaga tubuh tetap terhidrasi dan melindungi sel dari infeksi.

Kulit yang kurang cukup memproduksi sebum juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Kondisi kulit yang kering ini bisa terasa gatal dan tampak berisik, bergelombang atau tampak bercak merah. Nah, berikut beberapa penyebab kulit menjadi kering atau dehidrasi pada wajah.

  • Cuaca dingin
  • Udara kering
  • Terpapar bahan kimia keras dalam produk sabun atau lainnya
  • Mencuci kulit terlalu berlebih
  • pH kulit tidak seimbang
  • Kondisi kulit, seperti dermatitis atopik, psorasis dan dermatitis seboroik
  • Diabetes
  • Hipotiroidisme
  • Merokok
  • Terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari

Kamu dapat merawat kulit kering dan bersisik menggunakan beberapa  cara mengangkat sel kulit mati berbeda. Perawatan wajah kering juga bervariasi, diantaranya berbagai jenis kulit, seperti normal, kering, berminyak atau kombinasi dari ketiganya.

Tips Mengangkat Sel Kulit Mati Secara Alami

Mengangkat Sel Kulit Mati

Nah, berikut ini adalah berbagai cara untuk menghilangkan kulit mati pada wajah yang dapat kamu praktikan di rumah.

Masker Minyak Zaitun dan Gula Pasir

Gabungan antar kedua bahan tersebut cocok untuk segala jenis kulit wajah. Minyak zaitun sangat bagus dalam melembabkan kulit, sementara partikel yang terdapat didalam gua dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Bahkan, cara ini juga cukup bagus diaplikasikan pada bibir. Dalam penggunaan masker ini, kamu perlu menambahkan sedikit perasan air lemon. Caranya adalah mengusapkannya dan pijat secara merata, lalu bilas kemudian keringkan dengan lembut dan lakukanlah tips ini secara rutin.

Masker Oatmeal, Madu dan Plain Yougurt

Tektur oat meal yang kasar serta kandungan saponinnya dapat membantu mengelupas sel-sel kulit mati pada segala jenis kulit wajah. Selain itu, vitamin dan mineral dalam oatmeal juga baik untuk kulitmu. Ditambah lagi dengan adanya kandungan protein pada oatmeal yang berguna untuk menjaga kulit menjadi tetap lembab lebih lama.

Nah, cara menghilangkan sel kulit mati di wajah menggunakan masker oatmeal bisa kamu mulai dengan mencampurkan 2 sendok makan oatmal instan, 2 sendok makan plain yougurt serta 1 sendok makan madu kedalam mangkuk.

Lalu oleskan masker tersebut ke wajah dan pijat dengan gerakan melingkar dan biarkan selama 10 sampai 15 menit kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan.

Masker Kopi untuk Mengankat Sel Kulit Mati

Selain dapat membantu menghilangkan sel kulit mati, kandungan pada kopi juga dapat merangsang produksi sel kulit batu. Tak hanya itu saja, flanovol yang terkandung didalam bubuk kopi dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, memperbaiki kulit yang rusak serta menjaga kulit tetap bercahaya.

Nah, cara mengangkat sel kulit mati bisa dimulai dengan cara mencampurkan 3 sendok makan bubuk kopi, 1 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan madu, dan 1 sendok makan gula halus lalu aduk hingga merata. Pijatkan masker pada wajah dengan gerakan melingkar dan lembut. Kemudian diamkan selama 5 hingga 10 menit.

Setelah mengering, lalu bilas menggunakan air hangat dan tepuk-tepuk kulit dengan lembut. Masker kopi ini juga bisa kamu gunakan untuk daerah leher, siku dan tumit atau di daerah lain yang rentan terkena masalah.

Kulit Jeruk untuk Meremajakan Kulit Wajah

Mulai sekarang, cobalah untuk tidak membuang kulit jeruk karena kulit jeruk bisa kamu jadikan sebagai bahan pengelupasan kulit. Cara mengangkat sel kulit mati dengan kulit jeruk dimulai dengan mengeringkan kulit jeruk terlebih dahulu dibawah sinar matahari selama beberapa hari. Lalu, giling hingga menjadi bubuk dan gunakan untuk perawatan kulit wajah.

Sifat bubuk kulit jeruk yang agak abrasif bisa mengelupas kulit secara alami yang dapat membantu menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati dari kulit. Ditambah lagi, kandungan antioksidan dan vitamin C yang melimpah dapat membantu meremajakan kulit sehingga membuatnya tampak muda dan bercahaya.

Cara mengangkat sel kulit mati bisa dimulai dengan mencampurkan bubuk kulit jeruk dan yougurt tawar dalam jumlah yang sama untuk membentuk pasta. Oleskan pasta yang telah jadi di area wajah dan leher. Lalu, biarkan selama 15 hingga 20 menit. Jika sudah, bilas wajah dan menggosoknya secara lembut dengan gerakan memutar.

Masker Almond

Masker Almond untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Kacang almond merupakan salah satu bahan yang bagus untuk memanjakan kulit. Kacang ini kaya akan antioksidan vitamin A dan E dan juga mengandung lemak sehat yang dapat membantu menjaga kulit menjadi sehat dan awet muda. Sifat kasar pada almond dapat membantu menghilangkan sel kulit mati. Selain kacangnya, minyak almond juga sangat bermanfaat bagi kulit karena minyak almond memiliki sifat emolien dan sclerosant yang dapat mencerahkan kulit.

Cara membuat masker dari almond bisa dimulai dengan merendam 10 buah almon terlebih dahulu semalaman. Jika ingin hasilnya lebih baik, maka kamu bisa memilih almond dalam susu.

Nah, setelah direndam, lalu kupas kulitnya dan giling almond tersebut hingga menjadi pasta. Setelah itu, campurkan 2 sendok teh madu dan oleskan pasta ini pada wajah dan leher. Setelah itu, gosok secara perlahan dengan gerakan memutar selama beberapa menit hingga mengering. Jika sudah 10 menit, hingga 15 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat. Kamu bisa menggunakan scrub wajah almond dan madu ini dua atau tiga kali seminggu secara rutin.

Kantong teh hijau bekas

Setelah kamu meminum teh hijau untuk kesehatan tubuh, jangan buang kantung teh nya. Pasalnya, kamu bisa mendaur ulang kantong teh bekas menjadi scrub kulit buatan sendiri. Karena tekstur daun teh hijau yang cukup kasar, sehingga dapat membantu mengelupas kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran di wajah. Manfaat teh hijau selain meningkatkan warna kulit, meningkatkan elastisitas kulit serta membuat kulit menjadi sehat. Dan teh hijau juga berpotensi sebagai anti inflamasi dan antikarsinogenik.

Cara membuatnya, pertama tuangkan isi dari 1 atau 2 kantung teh hijau bekas kedalam mangkuk, lalu tambahkan 2 hingga 3 sendok teh madu. Atau kamu juga bisa menambahkan 1 sendok makan soda kue.

Setelah di campurkan kedalam satu wadah, lalu aduk hingga menjadi pasta kental. lalu, oleskan pasta ke seluruh wajah dan biarkan masker selama 10 menit. Setelah didiamkan selama 10 menit, gosok masker secara lembut menggunakan jari basah.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: