Manfaat Witch Hazel

Lifestyle – Manfaat Witch Hazel – Witch hazel merupakan ekstrak tumbuhan yang konon memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan, terutama kulit dan kecantikan. Witch hazel dipercaya mampu membersihkan jerawat, mengobati luka bakar, dan mengatasi peradangan kulit. Bahan ini banyak ditemukan pada produk perawatan kulit.

Manfaat Witch Hazel untuk Jerawat dan Kecantikan Kulit

Aktivis kecantikan mungkin sudah tidak asing lagi dengan kandungan witch hazel dalam produk perawatan kulit. Bahan alami ini sangat populer karena memiliki segudang manfaat potensial untuk mengobati berbagai masalah kulit. Benarkah demikian?

Apa itu witch hazel?

Witch hazel merupakan ekstrak tumbuhan yang konon memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan, terutama kulit dan kecantikan.

Tanaman ini memiliki beberapa, tetapi dari jenis Hamamelis virginiana yang akan memiliki sifat zat dan antioksidan. Tidak diragukan lagi bahwa masyarakat Amerika Utara sering menggunakannya sebagai obat tradisional.

Saat ini, ekstrak herbal witch hazel, dan terdiri dari daun dan kulit kayu, umumnya digunakan sebagai bahan dalam berbagai produk kulit dan kecantikan, seperti toner wajah, salep dan NS. Apa saja manfaat witch hazel untuk kesehatan kulit?

Ekstrak witch hazel biasanya dapat ditemukan pada toner wajah dan obat jerawat. Berbagai manfaat witch hazel secara keseluruhan adalah sebagai berikut.

1. Menghilangkan jerawat

Salah satu manfaat witch hazel untuk wajah adalah menghilangkan jerawat yang membandel. Hal ini tidak terlepas dari sifat anti inflamasi yang dikandungnya.

Ekstrak tumbuhan ini berperan sebagai astringent yaitu zat yang mampu mengecilkan jaringan sehingga pori-pori mengecil, sekaligus menghilangkan dan menghilangkan peradangan yang ditimbulkannya.

Anda bisa menggunakan toner wajah atau obat jerawat yang mengandung ekstrak tumbuhan witch hazel untuk menghilangkan komedo (blackhead dan whitehead), serta jerawat yang meradang, seperti jerawat pustula dan jerawat batu.

Tak hanya itu, kandungan tanin di dalamnya berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas agar kulit tetap sehat.

2. Mengatasi luka bakar

Manfaat witch hazel dipercaya mampu mengatasi kulit terbakar. Anda dapat menggunakannya untuk luka bakar ringan, seperti yang disebabkan oleh senyawa kimia. Bahkan, ekstrak tumbuhan ini dikatakan aman untuk mengobati iritasi kulit setelah bercukur.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Trichology menunjukkan manfaatnya dalam pengobatan luka bakar kulit kepala.

Perawatan alami ini biasanya diterapkan baik pada pria maupun wanita, terutama untuk mengatasi masalah kulit akibat paparan bahan kimia atau sinar matahari (sinar ultraviolet/UV).

Anda dapat menggunakannya dengan mengoleskan witch hazel ke kulit kepala Anda saat mandi atau mencampurnya dengan sampo.

3. Mengobati peradangan akibat penyakit kulit.

Ekstrak tanaman Hamamelis virginiana juga memungkinkan untuk mengobati peradangan yang disebabkan oleh kondisi kulit, seperti psoriasis dan eksim.

Kandungan tanin yang merupakan senyawa alami yang kaya akan antioksidan dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan.

Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa tanin dapat bertindak sebagai lapisan kulit untuk mencegah peradangan yang dapat menyebabkan infeksi kulit.

4. Sembunyikan tanda-tanda penuaan

Witch hazel mengandung polifenol yang dapat membantu mendukung tanda-tanda penuaan.

Selain itu, kandungan antioksidannya dapat mencegah paparan radikal bebas pada kulit yang berasal dari paparan sinar UV dan polusi udara.

Manfaat ini juga didapat berkat zat astringent yang mengencangkan kulit.

Berbagai kandungan lain dalam witch hazel juga bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori pada kulit.

5. Kurangi minyak pada wajah.

Ekstrak witch hazel kaya akan antioksidan yang bertindak sebagai zat alami.

Dengan demikian, manfaat witch hazel untuk wajah dapat mengurangi produksi sebum yang berlebihan pada kulit.

Tak heran jika kandungan ini banyak ditemukan pada toner dan kosmetik yang memberikan hasil akhir matte pada wajah.

6. Mengatasi mata panda

Manfaat kesehatan witch hazel untuk wajah mungkin telah menaklukkan mata dan kulit panda di area bawah mata. Tentu saja hal ini tidak terlepas dari zat anti inflamasi dan astringent yang dikandungnya.

7. Mengurangi iritasi kulit.

Mengoleskan krim yang mengandung Hamamelis virginiana dipercaya dapat mengurangi iritasi kulit ringan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology menunjukkan bahwa gel yang mengandung niacinamide, witch hazel, dan ekstrak biji dapat melawan peradangan pada kulit.

Hal ini karena ekstrak tanaman ini bersifat astringen, yang membantu membersihkan kulit dan memberikan efek pendinginan.

Kandungan tersebut juga mampu meredakan kemerahan atau gatal-gatal pada kulit akibat gigitan serangga.

8. Menjaga kesehatan kulit kepala

Apakah menurut Anda manfaat witch hazel dapat menjaga kesehatan kulit kepala? Obat tradisional dipercaya mampu mengatasi psoriasis kulit kepala dan dermatitis seboroik.

Anda dapat menambahkan beberapa tetes witch hazel di kulit kepala Anda sebelum keramas untuk menghilangkan rasa gatal.

Ekstrak tumbuhan ini juga terkadang digunakan sebagai pengobatan alami untuk mencegah ketombe dan kulit kepala kering. Namun, efektivitasnya membutuhkan penelitian lebih lanjut.

9. Manfaat lainnya

Selain bermanfaat untuk wajah dan rambut, ada beberapa manfaat lain yang ditawarkan witch hazel, seperti:

  • Mengatasi blues
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Mengalahkan Ruam Popok Pada Bayi
  • Mengobati wasir
  • Menenangkan radang tenggorokan

Apakah ada efek samping dari penggunaan witch hazel?

Pada dasarnya, menggunakan witch hazel pada kulit saat mengaplikasikannya dianggap aman.

Namun, bukan berarti bahan alami ini tidak menimbulkan risiko efek samping. Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi setiap saat setelah digunakan.

Perlu juga dicatat bahwa hasil penelitian yang ada tentang manfaat witch hazel masih menunjukkan hasil yang beragam.

Artinya, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya, bahkan dalam mengatasi berbagai masalah kulit.

Ada yang mengatakan penggunaannya kurang efektif dalam mengobati eksim. Sebab, kandungan alami ini hanya mengatasi peradangan, tetapi tidak menghilangkan rasa gatal yang ditimbulkan.

Beberapa orang juga mengatakan bahwa witch hazel sebenarnya menyebabkan kulit kering ketika digunakan untuk menghilangkan jerawat. Banyak yang mengatakan bahwa jerawat bertambah parah karena penggunaannya.

Bagaimana cara menggunakannya dengan aman?

Untuk menghindari potensi risiko sekunder, pastikan untuk menggunakan produk perawatan kulit di area kulit lengan terlebih dahulu.

Jika setelah beberapa hari Anda tidak menemukan reaksi alergi, seperti ruam atau gatal, Anda dapat menggunakannya pada wajah dan bagian tubuh lainnya.

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya.

Jika Anda menggunakannya untuk pertama kali, pastikan untuk menggunakan salep atau tonik wajah yang mengandung witch hazel murni dan tidak ada bahan tambahan lainnya.

Menggunakan witch hazel dengan bahan lain, seperti parfum dan alkohol, dapat meningkatkan risiko memburuknya peradangan, luka, dan kelembutan kulit.

Tidak dianjurkan untuk penderita rosacea, yaitu penyakit kulit dengan ruam merah dan pembuluh darah di wajah, dan orang dengan kulit kering untuk menggunakannya.

Manfaat witch hazel untuk wajah dan rambut terlihat menjanjikan. Namun, obat tradisional ini mungkin tidak dapat digunakan oleh semua orang.

Karena itu, penting untuk mendiskusikannya dengan dokter sebelum menggunakannya untuk mengobati masalah kulit tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *