Menghilangkan Jerawat Dengan Pasta Gigi, Lebih Efektif atau Tidak?

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Pasta Gigi, Lebih Efektif Atau Tidak?

Pasti Anda pernah dilanda kepanikan ketika jerawat tiba-tiba panen diwajah disaat mendekati momen penting, tak bisa dipungkiri pasti Anda akan mengerahkan seluruh jiwa dan raga untuk menghilangkan jerawat yang mengganggun ini. Dan, sebagian dari kita pasti pernah termakan oleh trik warisan nenek moyang yaitu menghilangkan jerawat dengan pasta gigi. Tapi, apa benar cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi ini bisa bekerja dan efektif?

Apa saja kandungan dalam pasta gigi?

Apapun merek pasta gigi yang Anda pakai, pada umumnya sebuah produk pasta gigi mengandung sejumlah bahan tertentu, seperti menthol, hidrogen peroksida, baking soda, triclosan sampai alkohol. Bahan-bahan ini dirasa mampu mengeringkan kulit, contohnya baking soda yang sering digunakan sebagai masker wajah dalam perawatan rumahan untuk menghilangkan jerawat.

Apakah Efektif menghilangkan jerawat dengan pasta gigi?

Sayangnya, sementara semua bahan yang terkandung dalam pasta gigi memang mempunyai efek untuk mengeringkan kulit. Namun jika kamu mengkombinasikan bahan-bahan tersebut akan menyebabkan kulit wajah Anda jadi tambah rusak. Pasta gigi dibuat khusus untuk kesehatan gigi, bukan untuk kulit. Dengan begitu, pasta gigi bisa mengiritasi kulit sehingga akan menimbulkan kemerahan dan kulit wajah yang mengelupas. Bahkan bisa sampai terbakar.

Salah satu Dr Schultz, dermatologists mencatat bahwa tidak ada bahan dalam pasta gigi yang membuat cara ini lebih efektif daripada pengobatan jerawat yang konvensional. Dengan menggunakan pasta gigi dapat mengiritasi kulit walaupun jerawat mungkin pada akhirnya bisa menghilang bersama dengan iritasi. Tetapi menghilangkan jerawat dengan pasta gigi bukanlah jalan pengobatan yang direkomendasikan oleh banyak dokter kulit.

Cara apa yang paling baik untuk menghilangkan jerawat?

Formula yang ada dalam pasta gigi memang bersifat mengeringkan, yang pada teorinya metode ini bagus untuk menyingkirkan jerawat, namun menghilangkan jerawat dengan pasta gigi tidak direkomendasikan sebagai pengobatan jerawat bila menimbang risiko kerusakan kulit yang lebih besar dari manfaatnya.

Untuk pengobatannya lebih baik gunakan obat kulit yang memang dirancang khusus untuk mengobati jerawat. Coba gunakan krim jerawat atau gel yang mengandung  salicylic acid 1%, atau 2,5% benzoil peroksida. Obat-obatan ini bisa membantu mencegah jerawat timbul ke permukaan.

 

Baca juga: Cara Cepat Menghilangkan Jerawat Meradang Dalam Semalam

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: