Review Brand Kosmetik dan Skin Care Terbaik

Obat Jerawat saat Hamil, Ini Rekomendasinya

Obat Jerawat saat Hamil, Ini Rekomendasinya

Obat Jerawat Saat Hamil – Banyak wanita yang mengeluhkan munculnya jerawat saat hamil, terutama pada trimester pertama dan kedua. Walaupun biasanya akan hilang setelah melahirkan, jerawat saat hamil tetap saja mengganggu. Terlebih ibu hamil tidak boleh sembarang menggunakan krim kecantikan atau obat jerawat yang mengandung bahan kimia. Nah, daripada menggunakan obat jerawat yang berisiko, sebaiknya gunakan bahan alami yang sudah pasti aman untuk mengatasi jerawat saat hamil.

Bahan Alami Sebagai Obat Jerawat Saat Hamil

Timbulnya jerawat ketika hamil disebabkan oleh kenaikan hormon androgen.Pelepasan hormon androgen yang berlebihan menyebabkan kelenjar kulit menghasilkan lebih banyak sebum adalah zat yang mengandung banyak minyak dan lemak. Sehingga, pori-pori wajah menjadi tersumbat  dan memicu jerawat. Berikut ini bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah jerawat, seperti:

1. Cuka sari apel

obat jerawat saat hamil

Daripada memilih obat jerawat yang mengandung bahan kimia, cuka sari apel lebih aman dipakai untuk mengatasi jerawat saat hamil. Bahan alami ini dapat Anda gunakan untuk membuat toner alami. Berikut ini cara membuatnya.

Campurkan cuka sari apel dengan air dengan perbandingan 1:3 dan rendam kapas pada larutan tersebut. Kemudian tepuk kapas pada wajah untuk menyerap minyak berlebih di wajah. Campuran bahan alami ini mengandung enzim dan asam alfa hidroksi yang bisa membantu mengatasi jerawat membandel.

2. Baking soda

obat jerawat saat hamil

Selain digunakan untuk  membuat kue, baking soda bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Hal ini dikarenakan, baking soda mempunyai sifat antibakteri dan antiradang yang mampu menyerap minyak di kulit dan mempercepat proses penyembuhan jerawat. Berikut ini cara membuatnya.

Campurkan satu sendok makan baking soda dengan satu sendok makan air. Setelah itu oleskan pada di bagian yang berjerawat. Diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, gunakan larutan ini sebanyak dua sampai empat kali seminggu.

3. Buah-buahan sitrus

obat jerawat saat hamil

Buah sitrus seperti buah jeruk, lemon, atau jeruk nipis mempunyai manfaat yang sangat banyak jika  dimanfaatkan untuk kulit. Buah-buahan sitrus mengandung asam alfa hidroksi yang bisa membantu mengencangkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati. Sifat astringent dan antibakteri pada buah sitrus sangat efektif sebagai agen eksfolian kulit.

Peras lemon atau jeruk nipis lalu oleskan langsung pada titik jerawat dengan menggunakan kapas. Diamkan selama 10 menit sampai kering, bilas dengan air dingin. Cukup oleskan sekali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Namun perlu dicatat, bila Anda memiliki kulit yang sensitif, campurkan tetesan lemon dengan air untuk mencegah iritasi kulit.

4. Madu

obat jerawat saat hamil

Madu dikenal karena memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang baik untuk mengenyalkan dan mengencangkan wajah. Cara membuatnya yaitu, bilas wajah Anda dengan air hangat dan keringkan. Lalu oleskan madu ke area wajah yang berjerawat dan diamkan hingga 20 sampai 30 menit. Bila sudah kering, bilang dengan air hangat. Lakukan cara ini setiap pagi dan malam hari.

Baca juga: Penyebab Utama Tumbuhnya Jerawat di telinga dan Cara Mengatasinya



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


%d bloggers like this: