Browse By

Pengertian Marketplace dan Keuntungan Marketplace

Pengertian Marketplace

Dewasa ini banyak kita mendengar kata tentang ‘marketplace’ dan membuat kita bertanya-tanya pengertian marketplace itu sendiri. Pada era serba digital banyak orang melakukan bisnis online shop dimana beberapa diantaranya menggunakan wadah yang dinamakan marketplace.

Salah satu tempat yang digunakan untuk bertransaksi adalah marketplace. Pengertian marketplace adalah pasar elektronik yang digunakan untuk kegiatan jual beli, produk yang dijual dapat berupa jasa maupun barang. Marketplace memiliki 3 aspek yaitu B2B (business to business), B2C (business to customer), dan C2C (customer to customer).

Berdasarkan pengertian marketplace, maka di sini konsumen dapat menemukan banyak seller yang menjual aneka macam barang. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan baik bagi pembeli maupun penjual.

lifestyle-people.com - pengertian marketplace

Penjual dapat menjual dagangannya di marketplace yang mana pihak e commerse akan diiklankan ke pembeli yang potensial. Banyaknya penjual dan pembeli yang bergabung akan menentukan kesuksesan marketplace tersebut. Ibaratnya, suatu pasar akan terkenal dan ramai jika di dalam pasar tersebut terdapat banyak penjual dan pembeli. Begitulah konsep marketplace.

 

Keuntungan Berjualan di Marketplace

Salah satu keuntungan berjualan online di marketplace ialah tidak ada biaya sewa. Berdasarkan pengertian marketplace yaitu pasar online sehingga penjual tidak perlu membayar sewa tempat. Penjual hanya perlu mendaftar sebagai penjual kemudian mempromosikan barang dagangannya. Pihak pengelola marketplace akan mendapatkan keuntungan dari penjual yang memanfaatkan jasa iklan premium.

Oleh sebab itu, biasanya pihak pengelola akan selalu meningkatkan kemampuannya mengiklankan barang dari penjual sehingga semakin banyak orang yang tertarik menggunakan jasa iklan premium.

Marketplace adalah suatu fasilitas menarik yang memberikan tempat untuk berjualan. Fitur ini sangat menguntungkan.

Jika Anda memiliki produk dan berniat untuk memasarkan secara online, berjualan di marketplace sangat tepat. Anda dapat menemukan banyak pembeli di sini. Anda tidak perlu kerepotan membuat website atau blog, langsung saja tawarkan barang yang Anda miliki di marketplace.

Contoh Marketplace

Sudah ada banyak contoh marketplace yang bisa Anda gunakan untuk menjual barang atau jasa. Misalnya saja, ada bukalapak, shopee, tokopedia, lazada, elevenia, dan masih banyak lagi.

Sebelum Anda mendaftar sebagai penjual, alangkah lebih baik jika mempelajari masing-masing marketplace terlebih dahulu. Hal ini akan membuat kamu mendapatkan marketplace terbaik.

Marketplace adalah solusi terbaik bagi Anda yang ingin berjualan online tanpa ribet. Bahkan, para pemula sangat cocok menggunakan layanan ini. Bagaimana, apakah Anda tertarik berjualan barang atau jasa di marketplace?

Baca juga : Bisnis Dropship , Alternatif Bisnis dengan Modal Kecil