Penyebab Jerawat di Alis – Tahukah Anda apa penyebab munculnya jerawat pada alis? Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang dihindari semua orang. Hal ini karena jerawat dapat membuat wajah Anda kurang cantik dan kurang menarik. Namun terkadang jerawat kemunculanya tidak terduga dan bisa muncul dimana saja. Salah satunya ada di alis.

Mungkin jerawat di alis pada awalnya masih belum terlihat karena tertutup oleh bulu alis. Namun, jika jerawat di biarkan apalagi memerah, akan terlihat meski dari jarak yang cukup jauh. Lantas apa sebenarnya yang membuat jerawat alis muncul?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan jerawat alis berkembang. Bagi Anda yang ingin mengetahui alasannya, simak informasi yang kami sajikan berikut ini.

Penyebab Jerawat di Alis

1. Keringat

Penyebab jerawat yang tiba-tiba muncul di alis adalah karena berkeringat. Seseorang yang sangat aktif akan membuat Anda berkeringat. Namun, keringat bisa muncul di mana saja, bahkan di alis. Ketika keringat banyak dan sering di tempat yang sama, kulit menjadi lembab. Di sinilah bakteri penyebab jerawat mulai muncul.

Jika bakteri tidak segera diobati, jerawat mulai muncul di alis. Terlebih lagi, ketika tanda-tanda alis sudah akan memiliki jerawat namun tetap dibiarkan, inilah yang kemudian memicu jerawat tersebut akan semakin besar dan tidak menutup kemungkinan malah bisa muncul di area dekat dengan alis atau bagian wajah yang lain

2. Alergi kosmetik

Penyebab kedua yang menyebabkan jerawat tumbuh di alis adalah dampak penggunaan kosmetik. Perlu dipahami bahwa kita menggunakan produk kosmetik yang membuat kulit lebih bersih dan bercahaya. Namun ada juga yang justru menyebabkan masalah kulit. Pasalnya, produk tersebut tidak sesuai dengan jenis kulit pengguna.

Akibatnya, kondisi seperti itu memicu timbulnya jerawat di wajah, salah satunya di alis. Haruskah kondisi ini dibiarkan begitu saja? Tentu saja tidak. Seseorang yang sudah mulai mengalami efek negatif akibat alergi produk kosmetik harus segera mendapatkan pengobatan. Langkah pertama adalah segera hentikan penggunaan kosmetik tersebut.

Setelah itu, mulailah melakukan perawatan jerawat, baik menggunakan bahan-bahan alami maupun menggunakan obat jerawat. Dengan cara ini, jerawat di alis atau bagian wajah lainnya bisa segera teratasi.

3. Sering menggaruk alis

Penyebab seringnya flek pada alis adalah karena sering digaruk. Kebiasaan menggaruk tidak selalu berbahaya. Asalkan apa yang dilakukan wajar dan tidak berlebihan. Menggaruk alis tidak akan menjadi masalah. Namun sebelum menggaruk, periksalah kondisi kulit Anda dan juga apakah tangan Anda bersih atau tidak. Bayangkan menggaruk alis saat tangan tidak bersih.

Akibatnya, pasti akan menimbulkan masalah kulit. Salah satunya adalah jerawat, yang juga harus segera Anda obati. Karena itu, pastikan kondisi tangan dan kulit kepala Anda juga bersih dan tidak berkeringat. Kemudian Anda bisa menggaruknya, dan itu pun tidak akan terlalu sulit untuk meninggalkan bekas luka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *