penyebab jerawat

Penyebab Jerawat Muncul Akibat Kebiasaan Buruk yang Tidak Disadari

Lifestyle-people.com – Penyebab Jerawat- Menghilangkan jerawat memang tidak mudah. Tetapi, produk perawatan wajah yang mahalpun bisa jadi tidak akan berhasil, bila kebiasaan sehari-hari  yang menjadi faktor penyebab jerawat masih juga Anda lakukan. Untuk itu, simak kebiasaan buruk  serta berbagai makanan penyebab jerawat apa saja yang harus dihindari, agar jerawat tak lagi muncul.

Penyebab Jerawat Makin Meradang

Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang bisa memperburuk jerawat di kulit, yang tidak pernah Anda sadari:

1. Menyentuh wajah dengan tangan kotor

penyebab jerawat
Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor

Penyebab jerawat yang sering dilakukan banyak orang adalah menyentuh wajah dengan tangan kotor. Bakteri dan berbagai kotoran yang menempel di tangan Anda bisa menempel kulit dan menyumbat pori-pori. Hal inilah yang membuat kulit Anda menimbulkan jerawat.

Selain menyentuh wajah dengan tangan kotor, benda-benda yang menempel di wajah seperti  handphone, alat make-up, bahkan  keringat pun bisa memicu tumbuhnya jerawat. Untuk itu, kurangi kebiasaan menyentuh wajah atau gunakanlah tisu bersih ketika menyentuh jerawat.

Selain itu, bersihkan juga benda-benda yang sering Anda gunakan sehari-hari seperti handphone, alat makeup, handuk, secara rutin untuk menghindari sarang bakteri yang dapat membuat wajah Anda semakin berjerawat.

2. Rambut yang kotor

Cucilah Rambut dengan Bersih

Tidak semua orang mencuci rambut setiap hari. Ada yang hanya kemaras setiap dua kali sehari atau ada juga yang keramas seminggu sekali. Jika Anda merupakan salah satu orang dengan rambut tipis, panjang, dan berponi, penting bagi Anda untuk melakukan keramas secara rutin.

Hal ini mengakibatkan  rambut Anda jadi bau dan lepek bahkan bisa juga menyebabkan kotoran pada rambut menempel pada wajah. Sehingga kulit Anda jadi rentan berjerawat. Maka, cucilah rambut Anda secara rutin dan hindari menggunakan produk rambut pada area dahi.

3. Terlalu sering mencuci muka

penyebab jerawat
Seringnya Mencuci Muka

Salah satu cara agar memiliki kulit yang bebas dari jerawat adalah dengan menjaga kebersihan muka. Mungkin selama ini Anda rajin menjaga kebersihan dengan sering-sering cuci muka. Tetapi, jika terlalu sering mencuci muka justru dapat memicu munculnya jerawat lho.

Hal inilah yang bisa membuat kulit iritasi dan semakin sensitif, karena wajah kita memproduksi minyak untuk melembabkan dan melindungi wajah. Selain itu, dengan sering mencuci muka berkali-kali dengan sabun bisa menyebabkan acne detergicans, dimana jerawat timbul akibat reaksi terhadap zat yang terkandung dalam sabun atau pembersih.

Oleh karena itu, keliru jika Anda selama ini terlalu sering cuci muka untuk membersihkan jerawat. Cucilah wajah sebanyak 2 kali sehari dengan air dan sabun yang sesuai dengan kondisi kulit wajah. Bila wajah Anda berjerawat, jangan gunakan scrub wajah yang bisa membuat iritasi.

4. Sering memencet jerawat

penyebab jerawat
Kebiasaan Memencet Jerawat

Hindari kebiasaan memencet jerawat. Karena dengan memencet jerawat akan menimbulkan kerusakan dan bekas luka pada kulit wajah. Bahkan,  banyak dermatologis mengatakan bahwa Anda tidak boleh sekalipun memencet jerawat. Jika Anda sembarangan memencet jerawat, akan melukai kulit wajah. Ketika Anda memencet jerawat, justru kulit wajah akan melunak, sehingga menyebabkan jaringan kulit rentan sobek. Gunakanlah pengobatan yang tepat untuk  meminimalisir timbulnya bekas luka.

5. Pakai kosmetik yang salah

Pemilihan Kosmetik yang Tidak Tepat

Pemilihan kosmetik yang tidak tepat dapat mengakibatkan pori-pori tersumbat dan penumpukan komedo. Hal inilah yang akan menimbulkan jerawat.

Apabila kulit Anda sering berjerawat, pilihlah jenis kosmetik yang berlabel khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Dan pastikan kosmetik yang Anda pilih mempunyai label non-komedogenik yang tidak menyumbat pori.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, dengan Alami Atau Perawatan Dokter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *