Penyebab Kulit Kepala Sakit
BEAUTY & HEALTH

Penyebab Kulit Kepala Sakit dan Perih Ketika Disentuh

Lifestyle-people – Penyebab Kulit Kepala Sakit- Sama halnya kulit pada area tubuh lainnya, kulit kepala juga bisa mengalami beberapa masalah tertentu. Seperti akibat dari masalah kesehatan, hingga faktor kesehatan. Selain itu, kebiasaan menata rambut juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada kulit kepala.

Misalnya, seperti ketika kamu sedang mengikat rambut dengan gaya ponytail sehari-harinya, atau  menyanggul rambut terlalu kecang. Akan menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman pada kulit kepala, namun akan sakitnya akan hilang dalam beberapa saat.

Penyebab Kulit Kepala Sakit dan Perih Ketika Disentuh

Penyebab Kulit Kepala Sakit

Lantas, apa saja penyebab kulit kepala terasa sakit dan perih ketika disentuh dan disisir?

Ternyata ada beberapa alasan lain yang menyebabkan kulit kepala terasa sakit ketika disentuh, apa saja? Berikut ulasannya.

Infeksi Kulit yang Diakibatkan oleh Jamur

Meskipun jarang terjadi, ternyata kulit kepala juga memiliki risiko infeksi. Pada umumnya, infeksi yang terjadi pada kulit kepala adalah Folliculitis, yaitu infeksi yang terjadi akibat tersumbatnya folikel rambut.

Infeksi ini dapat menyebabkan iritasi, sehingga kulit kepala terasa sakit ketika disentuh dan menata rambut. Selain itu, infeksi ini sifatnya menular dan dapat menyebar melalui sentuhan, sharing handuk, hingga melalui hewan peliharaan.

Jika membiarkannya dalam waktu yang lama, infeksi pada kulit kepala ini dapat menyebabkan penipisan rambut dan kebotakan. Jika hal tersebut tidak ingin terjadi pada kulit kepala kamu, maka segeralah hubungi dokter untuk penanganan khusus dan terapkan gaya hidup yang lebih higenis dengan tidak bertukar barang pribadi.

Kutu Rambut

Permasalahan dengan kutu rambut, umumnya terjadi pada anak kecil. Namun tidak menutup kemunkinan tidak terserang hewan yang satu ini. Pasalnya, kutu rambut dapat menular dan dengan sangat mudah dapat berkembang biak dengan cepat pada rambut.

Penularan kutu ini umumnya cepat disadari akibat rasa gatal dan panas yang ditimbulkan pada kulit kepala. Belum lagi, jika kamu menggaruknya dengan kasar, seringkali menimbulkan luka pada kulit kepala yang membuat kulit menjadi terasa sakit dan perih ketika disisir. Nah, untuk  mengatasi masalah yang satu ini adalah dengan keramas menggunakan sampo anti kutu dan rajin menyisir rambut dengan sisir kutu.

Sinar Matahari dan Udara Dingin

Sama halnya seperti kulit bagian tubuh lainnya, kulit kepala juga bisa mengalami masalah akibat cuaca. Ketika cuaca panas dengan matahari yang terik, maka kulit kepala dapat mengalami sunburndan terasa gatal seperti ditusuk-tusuk.

Sunburn ini bisa menyebabkan kulit kepala menjadi lebih sensitif dan mengelupas. Selain akibat dari panasnya matahari, cuaca dingin juga dapat membuat kulit kepala terasa gatal dan kulit terkelupas.

Maka dari itu, pastikan kamu menggunakan produk perawatan yang mampu menjaga kelembapan kulit kepala untuk mencegah rasa sakit dan perih akibat cuaca. Dan ingatlah untuk selalu memberikan perlindungan pada kulit dengan menggunakan topi atau benda lainnya yang dapat menghindari teriknya panas matahari.

Stres

Tak hanya bagi tubuh saja, stres juga dapat memiliki banyak dampak termasuk kulit kepala. Ketika kamu mengalami stres, tubuh akan mengeluarkan hormon yang dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Akibat dari hormon tersebutlah, kulit menjadi lebih kering dan mudah mengalami iritasi.

Selain itu, kulit kepala juga akan terasa seperti tersengat dan gatal. Kondisi pada kulit kepala ini juga dapat memburuk dan bereaksi dengan produk perawatan rambut yang kamu gunakan. Maka dari itu, pilihlah produk yang bebas parfum, lebih gentle dan hypoallergenic. Dan kamu dapat mengurangi masalah ini dengan mengonsumsi beberapa obat-obatan, namun yang terpenting adalah mengontrol diri agar dapat menurunkan tingkat stress.

Dermatitis

Selanjutnya, salah satu hal yang menjadi akar permasalahan kulit kepala yang sakitk dan perih ketika disentuh adalah dermatitis. Saat kamu terserang dermatitis, kulit kepala akan meradang serta terasa perih, gatal hingga mengelupas.

Penyebab dermatitis ini juga bisa beragam, mulai dari akibat produk perawatan rambut, polusi, hingga air mandi yang memiliki kandungan tertentu di dalamnya. Oleh karena itu, segeralah mencari tahu penyebabnya dan singkirkan penyebab tersebut dari rutinitas. Selain itu, gunakanlah produk perawatan rambut dengan kandungan bahan alami. Tujuannya adalah untuk menyehatkan rambut dan mengurangi risiko dermatitis pada kulit kepala.

"Roda hidup terus berputar bagi sebagian orang, sisanya mah ya gitu-gitu aja."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *