Lifestyle – Penyebab Munculnya Ketombe – Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang tentunya dapat menganggu aktivitas sehari-hari karena bisa membuat kulit kepala menjadi gatal dan rambut menjadi kotor. Bahkan tak jarang ketombe hadir di baju yang bisa membuat kepercayaan diri kita menjadi menurun. Pada umumnya, ketombe yang berlebihan ini disebabkan oleh kulit kepala yang kering dan mati.

Sebagian orang mempercayai jika kehadiran ketombe ini disebabkan karena seseorang jarang keramas, atau mencuci rambut. Tetapi bagi beberapa orang yang rajin keramaspun juga masih terkena ketombe. Penyebab ketombe parah belum bisa diketahui secara pasti, tetapi sudah dapat dipastikan jika ketombe disebabkan oleh kebersihan kepala yang buruk.

Beberapa Penyebab Munculnya Ketombe!

Beberapa Penyebab Munculnya Ketombe!

Meskipun kulit kepala kita sering dibersihkan dengan cara keramas, tetapi ketombe tersebut masih saja sering muncul. Nah, perlu kamu ingat bahwa setiap kita menghabiskan waktu diluar ruangan, pastinya banyak debu dan kotoran yang menempel.

Dermatitis Seboroik

Permukaan kulit yang terlalu berminyak jua bisa disebabkan oleh meningkatnya produksi sebum atau minyak alami yang terdapat pada sekitar folikol rambut. Penyakit kepala berminyak tersebutlah yang dapat membuat ketombe menjadi berkerak.

Dermatitis seboroik ini juga dapat mengakibatkan produk minyak menjadi berlebihan serta membuat kotoran mejadi menempel dikepala. Penyebab lainnya oleh karena timbulnya radang pada area kulit kepala yang berminyak, sehingga menimbulkan bercak kekuningan. Kemudian kulit kepala terkelupas dan munculah ketombe.

Menderita Penyakit Kulit

Penyakit kulit jenis apa saja misalnya penyakit eksim, psoriaris, serta beberapa penyakit kulit lainnya yang dapat memungkinkan ketombe menempel pada kulit kepala yang ukurannya semakin membesar.

Mengonsumsi Obat Steroid

Penggunaan beberapa jenis obat misalnya obat steroid dengan dosis yang tinggi juga bisa menjadi penyebab munculnya ketombe kerak di kepala. Apalagi jika kamu sudah mengonsumsi obat tersebut dalam jangka waktu yang panjang.

Hal tersebut dapat menyebabkan kerak ketombe menjadi parah, sehingga sebaiknya harus didiagnosis sedini mungkin. Mungkin banyak orang yang tidak sadar dengan penggunaan obat tersebut sehingga bisa berbahaya. Karena jika penyakit terserbut tidak segera ditangani, maka resiko kebotakan akan semakin tinggi.

Malassezia

Malassezia merupakan jamur yang tumbuh pada permukaan kulit manusia ataupun hewan dan bisa hinggap di kepala. Jamur ini dapat menyebabkan nutrisi yang ada dikepala hilang serta mematikan produksi minyak di kepala.

Pertumbuhan penyakit Malassezia tersebut dikepala bisa menjadi tidak terkendali serta dapat menyababkan kerak ketombe muncul dikepala.

Tentunya hal ini dapat membuat pertumbuhan penyakit Malassezia di kepala bisa menjadi tidak terkendali serta menyebabkan kerak ketombe muncul di kepala. Selain dapat membuat tidak nyaman, lebih parahnya lagi akan sulit untuk menghilangkannya.

Stres Mental

Kesehatan jiwa tentunya sangat penting dijaga, pasalya jika pikiran tidak tenang atau stress, maka berbagai penyakit atau gangguan kesehatan dapat muncul. Salah satu akibat dari stress mental adalah munculnya ketombe yang dapat menimbulkan kerak parah. Selain menyerang organ tubuh lainnya, hal yang paling sederhana adalah munculnya ketombe.

Stress mental yang paling sering terjadi dan dapat menyebabkan ketombe ini adalah kurangnya jam tidur dimalam hari. Waktu tidur harus cukup agar kesehatan fisik dan bahwa rambut selalu terjaga.

Jarang Keramas

Jika kamu merasa jarang mencuci rambut atau jarang keramas, maka jangan heran jika ternyata kamu memiliki banyak ketombe di kepala. Karena jarang keramas tersebutlah maka dapat mengakibatkan menumpuknya minyak dan sel kulit mati di kepala, hingga akhirnya mengeras.

Sehingga munculah kerak ketombe di kepala yang akan sangat menganggu. Nah, untuk cara mengatasinya adalah dengan rajin membersihkan rambut agar kulit kepala selalu bersih dan kotoran tidak cepat menempel di kulit kepala.

Sensitif Terhadap Produk Perawatan Rambut

Mungkin kamu pernah menggunakan berbagai macam produk perawatan rambut, tetapi harus hati-hati dalam memilih produk yang tepat. Karena jika sensitif terhadap salah satu produk, maka dapat menimbulkan kerak ketombe di kepala. Berbagai perawatan salon yang kamu lakukan sendiri dirumah serta tidak dilakukan dengan tepat, maka bisa menyebabkan kerak ketombe.

Apabila kulit kepala terlalu sensitif dengan beberapa produk perawatan rambut tersebut, maka kamu akan merasakan gatal-gatal, kulit kepala juga bisa berubah menjadi merah dan bersisik sehingga menimbulkan kerak ketombe akut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *