Atasi Jerawat dengan Tomat

lifestyle – Atasi Jerawat dengan Tomat – Setiap orang, baik pria maupun wanita, selalu merasa bahwa jerawat adalah sesuatu yang sangat mengganggu. Jerawat adalah peradangan pada kelenjar di permukaan kulit wajah. Secara umum, jerawat juga bisa muncul di punggung, rahang, dan leher. Jerawat menjadi salah satu hal yang paling memalukan karena dapat mengurangi rasa percaya diri. Jerawat biasanya muncul pada lapisan kulit yang indah. Kondisi kulit yang banyak mengandung bakteri juga bisa membuat jerawat semakin parah. Namun penyebab jerawat bukan hanya karena kondisi kulit.

Penyebab jerawat

Beberapa penyebab jerawat bukan hanya masalah kulit. Beberapa orang bahkan bisa mendapatkan banyak jerawat meskipun melakukan pembersihan kulit secara teratur. Ini adalah beberapa penyebab umum jerawat.

  • Produksi sebum yang berlebihan oleh kelenjar kulit.
  • Akumulasi sel kulit mati yang berlebihan.
  • Bakteri yang muncul dan tumbuh di kulit.
  • Masalah penyakit yang disebabkan oleh peradangan.
  • Ketidakseimbangan hormon reproduksi pada remaja pria dan wanita.
  • Makanan tinggi lemak.
  • Resistensi insulin pada penderita diabetes.
  • Kebiasaan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan yang menyebabkan masalah pada kelenjar.
  • Stres dapat meningkatkan produksi sebum dan keringat berlebih.
  • Nutrisi makanan yang buruk.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat adalah alternatif terbaik untuk membersihkan wajah dengan cara dibuat menjadi masker tomat.

Jerawat adalah masalah yang sangat umum. Ada banyak langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat. Tapi menghilangkan jerawat tanpa bekas adalah keinginan semua orang. Jerawat biasanya muncul dengan cepat bahkan saat tahap pengobatan masih berlangsung. Salah satu langkah dalam pengobatan jerawat adalah dengan menggunakan tomat. Langkah ini sangat efektif dan tidak menimbulkan efek samping. Berikut beberapa tes dan cara mengobati jerawat dengan tomat.

Alasan menggunakan tomat untuk mengobati jerawat

Anda mungkin tidak percaya bahwa tomat kecil telah terbukti efektif dalam mengobati jerawat tanpa jaringan parut. Nah, jika Anda tidak percaya, ikuti beberapa tes di bawah ini:

Tomat Mengandung Likopen

Tomat adalah buah yang sangat istimewa. Tomat mengandung beberapa jenis antioksidan dan likopen. Lycopene adalah zat khusus yang ditemukan dalam tomat. Lycopene adalah antioksidan yang memberi warna merah pada tomat. Likopen dipercaya memberikan manfaat yang sangat besar bagi tubuh, seperti sistem kekebalan tubuh. Tetapi juga sangat membantu dalam menjaga kesehatan kulit. Berikut beberapa manfaat likopen untuk kesehatan kulit.

Lycopene berperan dalam meningkatkan perlindungan alami kulit terhadap efek sinar UVA dan UVB matahari.

Lycopene akan mendorong regenerasi sel kulit mati dan memastikan perlindungan kulit yang sempurna.

Lycopene juga membantu dalam produksi kolagen, yang akan membuat kulit lebih cerah dan alami.

Tomat mengurangi ukuran pori-pori kulit

Pori-pori kulit yang terlalu besar akan membuat kulit semakin kotor dan dapat menimbulkan jerawat akibat tumpukan debu dan zat kotor lainnya. Tomat akan membantu mengecilkan pori-pori Anda karena mengandung zat alami yang dapat membuat kulit lebih elastis. Jika Anda ingin mendapatkan ukuran pori yang lebih baik, gunakan tomat secara teratur.

Tomat mengandung zat anti inflamasi

Tomat merupakan salah satu buah yang mengandung antiradang alami. Zat ini digunakan untuk mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka. Tomat dapat menyembuhkan jerawat secara alami karena sifat anti-inflamasinya.

Tomat mengurangi kandungan minyak

Kulit adalah salah satu penyebab jerawat yang paling umum. Tomat dapat digunakan sebagai bahan alami yang mengurangi produksi minyak berlebih pada kelenjar. Tomat mengandung bahan atau zat khusus yang dapat mencegah produksi sebum dan karenanya efektif dalam mengurangi jerawat.

Tomat mengandung vitamin A, C dan K

Tomat adalah buah merah yang sangat menyegarkan. Secara alami, tomat akan membantu mengurangi penyebab jerawat dari dalam tubuh. Bahkan bisa memenuhi kebutuhan asupan vitamin untuk menjaga kesehatan kulit. Tomat mengandung vitamin A yang dapat meremajakan kulit yang sehat, tomat juga mengandung vitamin C yang dapat membentuk produksi kolagen, membuat kulit lebih elastis, dan vitamin K yang membantu dalam penyembuhan tanda merah pada kulit atau atau jerawat dan memudarkan warna merah kembali menjadi warna kulit yang asli.

Gunakan irisan tomat

Jika Anda memiliki jerawat kecil yang biasanya banyak muncul di dahi dan sekitarnya, Anda bisa menggunakan tomat. Cara menggunakannya adalah dengan tomat sedang atau kecil di dua atau tiga bagian. Tempelkan irisan tomat pada wajah dan tekan hingga gel tomat keluar dan menempel pada kulit. Diamkan selama beberapa menit hingga gel mengering dan kulit lebih halus. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.

Masker kulit tomat

Jika Anda memiliki banyak jerawat itupun Anda bisa menggunakan cara ini. Beberapa orang sudah mencobanya dan hasilnya luar biasa. Langkah-langkah menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Cuci tomat matang segar.
  • Kupas bagian ujung tomat yang bersentuhan dengan batangnya.
  • Rendam tomat dalam air hangat selama sekitar 5 menit.
  • Kupas kulit tomat tipis-tipis dan tempelkan ke seluruh wajah. Biarkan selama beberapa menit sampai kulit tomat mengering dan terpisah dari kulitnya.
  • Gunakan gel tomat untuk membuat masker tomat. Haluskan semua bahan dan oleskan pada wajah.
  • Biarkan semua bagian masker mengering. Anda dapat melakukan proses ini selama lebih dari 30 menit.
  • Setelah pengeringan dan pembersihan, usap wajah Anda dengan handuk hangat dan aplikasikan dengan pelembab yang sesuai dengan jenis wajah Anda.

3. Tomat dan jeruk nipis.

Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis sudah lama dilakukan oleh mereka yang menderita jerawat yang tidak kunjung hilang. Tomat memiliki sifat yang lembek dan tidak menyenangkan. Jika Anda tidak menyukai tomat yang lembek dan lengket di kulit, Anda juga bisa menggunakan sedikit jus tomat. Peras air jeruk nipis dan campur dengan satu sendok teh gel tomat. Oleskan campuran bahan ini seolah-olah Anda sedang menggunakan masker. biarkan kering dan bersih dengan udara panas. Cara ini lebih mudah dan efektif dalam menghilangkan jerawat dan mengurangi komedo.

4. Campuran tomat dan mentimun.

Anda juga bisa mencampurkan tomat dan mentimun dalam ramuan ajaib untuk menyembuhkan jerawat. Mentimun memiliki khasiat untuk menghidrasi kulit wajah, sedangkan tomat akan mengecilkan pori-pori. Cara menggunakan campuran tomat dan mentimun adalah dengan menghancurkan seluruh bagian mentimun dan tomat. Gunakan campuran ini hingga menjadi pasta dan bisa dioleskan ke wajah seperti sedang menggunakan masker. Biarkan masker mengering di kulit. campuran tomat dan mentimun juga sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit.

5. Campurkan tomat dan yogurt.

Tomat dan yogurt bisa menjadi cara yang sangat mudah untuk menyembuhkan jerawat. Anda bisa menghancurkan gel tomat menjadi pasta. Setelah itu, campurkan dengan dua sendok makan yogurt. Oleskan masker ini pada seluruh bagian wajah. Jika merasa tidak nyaman, Anda bisa menggunakan masker hanya pada bagian kulit yang mempersiapkannya. Diamkan hingga masker mengering. Kulit Anda akan tampak lebih halus dan lebih terhidrasi.

6. Tomat sebagai cara menghilangkan komedo.

Komedo adalah salah satu potensi jerawat terbesar. Anda bisa menghilangkan komedo hanya dengan menggunakan tomat. Caranya ambil tomat segar dan pisahkan gel merah dari bagian tengah tomat. Gunakan gel untuk kulit yang memiliki komedo. Biarkan mengering dan bilas dengan air hangat. Jangan terlalu menekan karena ekstrak gel tomat akan membantu menghilangkan komedo secara alami.

Tomat tidak hanya mudah didapat, tetapi juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Anda bisa mendapatkan manfaat besar dengan menggunakan tomat segar. Gunakan tomat kalengan atau tomat yang sudah disimpan di lemari es. Tomat diketahui menyebabkan bakteri pada jerawat dan wajah. Selain itu, jangan memencet jerawat saat menggunakan tomat sebagai obat jerawat.

Itulah beberapa cara mengatasi jerawat dengan buah tomat yang bisa kamu coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *