Membuat Celana Jeans Belel
STYLE

Tips Membuat Celana Jeans Belel yang Mudah Dilakukan

Lifestyle-people – Membuat Celana Jeans Belel – Memakai celana atau kaos yang kainnya sudah belel, mungkin akan terasa memalukan bagi sebagian orang. Namun sebaliknya, memakai jeans yang belel termasuk kedalam gaya berpakaian bagi banyak orang. Nah, seiring berkembangnya zaman, budaya berbusana juga mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

Jeans sendiri termasuk kedalam salah satu pakaian yang paling populer di duia. Beberapa orang yang memakai celana Jeans untuk berbagai macam aktivitas, mulai dari kuliah, bekerja, hingga bersenang-senang. Saat ini, salah satu model celana jeans yang cukup banyak dipakai anak remaja masa kini adalah celana jeans belel.

Celana jeans belel sendiri ada yang dibuat khusus oleh pabrik dan ada juga yang dibuat langsung oleh penggunanya. Seiring bertambahnya waktu pemakaian, maka celana jeans akan belel dengan sendirinya. Bahkan, beberapa orang ada rela membelelkan sendiri celana jeans baru mereka agar terlihat stylish dan keren.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips membuat celana jeans belel yang mudah dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Tetapi, beberapa tips yang direkomendasikan ini hanya untuk celana jeans berwarna biru saja.

Dengan Buah Lemon

Membuat Celana Jeans Belel

Menggunakan lemon untuk membuat celana jeansmu menjadi belel merupakan salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan dirumah tanpa harus berurusan denan bahan kimia. Lemon merupakan salah satu buah-buahan yang memiliki kandungan asam organik yang melimpah, sehingga dianggap dapat memudarkan celana jeans milikmu.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang harus kamu ikuti jika membelelkan menggunakan buah lemon.

  • Pertama siapkan terlebih dahulu ember yang berisi air bersih. Pastikan ember yang kamu gunakan cukup untuk merendam seluruh bagian celana jeans.
  • Siapkan satu buah ember yang berisi jus lemon.
  • Lalu celupkan celana jeans mu kedalam air bersih dan pastikan air membasai seluruh bagian celana jeans.
  • Setelah itu, peras air berlebih dalam celana jeans secara menyeluruh.
  • Jika sudah, masukan celana jeans yang sudha basah tadi kedalam ember yang berisi jus lemon dan pastikan celana jeans mu terendam seluruhnya.
  • Lalu, biarkan selama beberapa jam dan periksa kembali celana jeans mu untuk menentukan dan mendapatkan tingkat ketebalan yang di inginkan.
  • Jika sudah selesai, selanjutnya bilas jeans yang telah direndam tadi dengan air bersih dan jemur dibawah sinar matahari hingga kering sempurna.

Menggunakan Cairan Pemutih

Jika menggunakan buah lemon membutuhkan budget besar, maka selanjutnya kamu bisa menggunakan bahan lain yang berbasis kimia dan harganya lebih terjangkau. Pemutih pakaian yang dapat dengan mudah kamu temukan di toko-toko adalah cairan kimia yang dapat dimanfaatkan untuk membelelkan celana jeans.

Meskipun terbilang murah dibandingkan menggunakan buah lemon, kamu harus berhati-hari ketika hendak membuat belel celana jeans mu dengan pemutih. Pasalnya, cairan ini berpotensi melemahkan kain celana jeans, sehingga bisa lebih mudah rusak. Selain itu, tingkat kebelelan celana jeans juga terlihat berlebihan. Biasanya, hasilnya menjadi kurang enak dipandang jika prosesnya dilakukan dengan tidak hati-hati.

Terdapat beberapa cara dalam membuat celana jeans menjadi belel dengan cairan pemutih. Jika kamu ingin tampilan jeans menjadi lebih terang, maka kamu bisa merendam seluruh bagian celana jeans dalam cairan pemutih. Namun sebaliknya, jika hanya beberapa bagian saja yang belel, maka kamu bisa menotol-notolkan pemutih pada bagian-bagian tertentu pada celana jeans. Nah, berikut ini beberapa langkah-langkah yang umum dalam membuat celana jeans menjadi belel dengan menggunakan cairan pemutih.

  • Gunakan sarung tangan tahan air dan celemek terlebih dahulu sebelum proses pembelelan celana jeans dilakukan. Tujuannya adalah untuk melindungi tangan dan pakaian yang kamu kenakan tidak terkena cairan dari pemutih.
  • Lalu, siapkan satu buah ember dan isikan dengan air panas secukupnya.
  • Setelah itu, tambahkan setengah gelas pemutih kedalam ember yang sebelumnya telah di isi air panas.
  • Jika kamu ingin tampilan belel pada celana jeans mu merata, maka jangan biarkan celana jeans mengendur ketika proses pemutihan berlangsung. Jaga celana jean mu agar serata mungkin menggunakan tongkat. Dan jangan menggunakan tangan, pasalnya air panas dapat membahayakan kulit.
  • Setelah mencapai warna yang kamu inginkan, lalu angkat celana dari dalam air dan gantung celana jeans hingga kering.
  • Selanjutnya, cuci celana jeans dengan detergen dan pelembut, lalu keringkan kembali dibawah sinar matahari.

Menggunakan Batu Apung dan Ampelas

Dikutip dari Wikipedia, Batu apung atau Pumis ini adalah istilah tekstural untuk batuan vulkanik yang merupakan lava berbuih yang terpadatkan dan tersusun atas piroklastik kaca yang amat mikrovesikular dengan batuan beku gunung berami ektruksif yang bergelemung, amat tipis dan dapat tembus cahaya.

Sedangkan ampelas, adalah jenis kertas yang biasa digunakan untuk membuat permukaan dari benda-benda menjadi lebih halus dengan cara menggosokannya ke salah satu permukaan ampelas yang telah ditambahkan beberapa bahan-bahan yang kasar kepada permukaan benda tersebut.

Menggunakan ampelas atau batu apung juga merupakan salah satu metode yang bagus dalam membuat celana jeans menjadi belel. Batu apung atau ampelas dapat kamu gunakan untuk membelelkan beberapa bagian-bagian tertentu pada celana jeans, seperti lutut, dudukan saku dan lainnya. Jika berikut ini adalah cara yang sedang kamu cari, maka ikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Siapkan terlebih dahulu beberapa biji batu apung atau ampelas 180 grit.
  • Lalu, gosokan batu apung atau ampelas pada area celana jeans yang hendak kamu belelkan. Hindari menggosok terlalu keras agar kain pada celana jeans tidak hancur atau bolong.
  • Setelah kamu mendapatkan tingkat kebelelan yang di inginkan, lalu cucilah celan jeans untuk menghilangkan sisa-sisa gosokan tersebut.
  • Lalu, keringkan celana jeans yang telah dibelelkan tadi dibawah sinar matahari.

Menggunakan Kopi

Membuat Celana Jeans Belel

Selain memanfaatkan buah lemon, kopi juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat celana jeans menjadi belel. Pasalnya, kopi mengandung zat asam alami yang mampu melunturkan atau membelelkan celana. Jika ingin mencobanya, maka ikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Pertama, siapkan biji kopi hijau secukupnya.
  • Lalu, gosokan biji kopi pada area celana jeans yang hendak kamu belelkan.
  • Setelah itu, tuangkan air mendidih pada celana jeans yang telah selesai digosok.
  • Terakhir, cucilah celana jeans hingga sisa kopi menghilang dan keringkan dibawah sinar matahari.

Itulah beberapa metode yang bisa kamu lakukan agar celana jeansmu menajdi belel dengan mudah. Beberapa bahan-bahan yang diperlukan untuk membelelkan celana jeans dapat mudah kamu temukan di toko-toko online kepercayaanmu.

Jika tidak ingin susah-susah membelelkan celana jeans sendiri, maka beli saja celana jeans dengan model belel yang tersedia di banyak toko online.

"Roda hidup terus berputar bagi sebagian orang, sisanya mah ya gitu-gitu aja."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *