Tips Merawat Hair Clip
STYLE

Tips Merawat Hair Clip Agar Tidak Mudah Kusut dan Tidak Mudah Kusut

Lifestyle – Tips Merawat Hair Clip – Rambut merupakan mahkota bagi setiap orang, karena itulah banyak orang yang sering bergonta-ganti model dan warna rambut mereka agar terlihat lebih menarik. Tetapi, karena beberapa alasan seperti tidak suka kesalon atau biaya yang  cukup mahal untuk selalu update gaya rambut terbaru, sehingga hairclip menjadi cara lain yang paling oke.

Hair clip sendiri merupakan wig yang bentuknya setengah kepala, pono ataupun berupa helaian. Hair clip ini fungsinya untuk menambah volume dan panjang rambut dengan instan. Kelebihan penggunaan Hair clip ini adalah rambut tampak lebih natural dibandingan wig, karena kamu tetap bisa memperlihatkan rambut asli ketika menggunakan hair clip. Tetapi, layaknya barang-barang kecantikan pada umumnya, hair clip juga membutuhkan perawatan yang lumayan merepotkan.

Apabila kamu tidak merawat hair clip dengan baik, maka hair clip kamu bisa saja mudah kusut, sulit disisir, serta teksturnya menjadi kasar. Tidak perlu memiliki hair clip yang mahal, pasalnya meskipun kamu memiliki hair clip yang standar asal perawatannya baik, maka hasilnya juga akan baik. Nah, berikut ini adalah tips merawat hair clip agar tetap halus dan tidak mudah kusut yang bisa kamu coba.

Tips Merawat Hair Clip Agar Tidak Mudah Kusut dan Tidak Mudah Kusut

Tips Merawat Hair Clip

Memperhatikan Petunjuk Penggunaan

Tips pertama dalam merawat hair clip ini adalah memperhatikan petunjuk penggunaan. Apabila kamu membeli hair clip di tempat atau toko-toko yang terpercaya, biasanya hair clip akan datang bersamaan dengan petunjuk penggunaannya.

Pada petunjuk penggunaannya akan tertulis cara penggunaan dan perawatan hair clip tersebut. Karena setiap hair clip memiliki pengaturan yang berbeda. Ada yang bisa di kunci dan ada juga yang tidak bisa dikunci. Apabila kamu mengetahui cara yang paling tepat dalam merawat hair clip berdasarkan petunjuk pemakaian, tentunya hair clip kamu akan lebih awet dan cantik serta mampu bertahan lama.

Diangin-anginkan

Untuk perawatan sehari-hari, jangan simpan hair clip milikmu di kotak atau plastik secara terus meneru. Sesekali kamu juga harus mengeluarkan hair clip dan diangin-anginkan. Caranya adalah, pegang hair clip pada bagian hair-net nya, lalu goyangkan secara perlahan. Tujuannya adalah agar hair clip milikmu terkena air, atau kamu juga bisa menyimpan hair clip milikmu di hanger khusus untuk hair clip. Nah, sambil dianginkan, sisir hair clip menggunakan jari agar tetap rapih.

Sisir

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah mengetahui jenis sisir yang bisa dipakai untuk hair clip. Pasalnya, tidak semua jenis hair clip dapat kompatibel untuk rambut tambahan. Kamu bisa menggunakan sisir sikat, sisir bundar atau sisir khusus untuk wig dan hair clip yang terbuat dari kawat yang dibundarkan dan tidak tajam

Merendamnya

Untuk tips yang satu ini, kamu bisa melakukannya jika hair clip yang kamu miliki kompatibel untuk di cuci. Nah, sebelum dicuci atau dikeramas hair clip perlu rendam terlebih dahulu. Kamu bisa merendamnya di baskom, ember atau wastafel dengan air dingin atau air hangat. Waktu perendamannya juga tidak boleh terlalu lama, cukup 10 menitan saja.

Keramas

Setelah melakukan proses perendaman, selanjutnya adalah keramas. Keramas ini merupakan langkah untuk pembersihan total hair clip milikmu. Caranya adalah, ganti atau buang air yang telah digunakan untuk merendam tadi. Setelah itu tuangkan shampo pada tangan lalu gosok shampo yang ada di tangan hingga berbusa.

Setelah itu, barulah balurkan busa shampo ke seluruh permukaan hair clip. Hal ini perlu dilakukan karena jika kamu langsung menuangkan shampo ke hair clip, maka busa yang dihasilkan oleh shampo tidak akan maksimal. Langkah selanjutnya adalah dengan menggoyang-goyangkan dan menyisir hair clip menggunakan jari. Perlu diperhatikan, jangan meremas hair clip pasalnya hal tersebut dapat merusak tekstur rambutnya, apalagi jika hair clip yang kamu miliki merupakan hair clip fiber.

Berikan Pelembut

Usai dicuci, selanjutnya jangan lupa untuk memberikan conditioner pada hair clip milikmu. Sama halnya seperti rambut asli, hair clip juga membutuhkan perawatan dan pelembut ekstra yang didapatkan dari conditioner.

Keringkan Hair Clip

Setelah hair clip selesai dibilas, selanjutnya bentangkan hair clip diatas handuk kering, dan jangan sekali-sekali kamu menggosoknya. Pasalnya, hal tersebut dapat emmbuat hair clip menjadi kusut dan patah. Cukup menepuk-nepuk hair clip dengan sisi handuk ang lain.

Beri Serum

Setelah hair clip setengah kering, lalu berilah serum rambut pada rambut ekstensi milikmu. Kamu bebas menggunakan serum rambut apa saja. Cara mengaplikasikannya adalah, meratakan serum pada telapak tangan, lalu balurkan pada seluruh permukaan hair clip mulai dari pangkal hingga ujungnya. Lalu sisir jari hair clip tersebut hingga rapih, atau kamu juga bisa menggunakan sisir dengan gerigi yang jarang.

Menata Hair Clip

Setelelah hair clip kering, tips merawat hair clip selanjutnya adalah menatanya kembali. Tata dan bentuk kembali hair clip milikmu sebagaimana model awalnya. Jika hair clip mu lurus, maka sisir rambut ekstensi agar tetap lurus. Jika hair clip mu ikal, maka bentuk rambut menjadi ikal dengan memutar helaian rambut menggunakan jari.

Simpan Pada Tempatnya

Cara menyimpan hair clip yang paling benar dan aman adalah menggunakan tempat khusus hair clip. Hal ini bertujuan untuk menghindari hair clip yang tertindih, atau tersangkut pada benda lainnya.

Sebelum Melakukan Styling

Hal yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan proses styling pada hair clip adalah selalu menggunakan serum atau vitamin rambut. Hal tersebut bertujuan agar hair clip milikmu menjadi lebih kuat sebelum terkena panas dari hair dryer.

Tips

Terakhir jangan terlalu sering mencuci hair clip milikmu. Pencucian hair clip yang wajar bisa kamu lakukan setelah pemakaian 3-5 kali, atau jika kamu merasa hair clip sudah benar-benar kotor dan terlihat berdebu menempel di hair clip milikmu.

Nah, itulah sedikit tips merawat hair clip yang bisa kamu coba. Beberapa langkah diatas bisa kamu aplikasikan pada semua jenis hair clip, baik itu 100% real human hair, hair clip semi human bhakan dari rambut sintetis sekalipun. Jaga terus hair clip kesayanganmu agar mampu bertahan lebih lama.

"Roda hidup terus berputar bagi sebagian orang, sisanya mah ya gitu-gitu aja."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *