Berbagai Macam Ukuran Koper
Uncategorized

Hendak Membeli Koper? Kenali Terlebih Dahulu Berbagai Macam Ukuran Koper Berikut Ini!

Lifestyle – Berbagai Macam Ukuran Koper – Sebelum membeli koper yang hendak kamu gunakan ketika bepergian, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Mulai dari hal yang penting seperti ukuran, bahan, jumlah roda, bentuk bagian dalam, expander dan tiper trolley koper. Hingga yang tidak teralu penting seperti brand, warna dan motif serta yang harus kamu perhatikan adalah ukuran koper.

Ketika kamu bepergian, terutama jika menggunakan pesawat terbang, bagasi merupakan hal yang masuk kedalam perhitungan. Biasanya, penerbangan akan memberikan biaya bagasi untuk ukuran koper dan berat tertentu. Tetapi ada juga yang tidak meminta untuk membayarnya.

Nah, ukuran koper sendiri sangat penting kamu pikirkan dengan berapa lama kamu pergi, kemana kamu akan pergi, barang apa saja yang hendak kamu bawa, serta hendak disimpan dimana koper yang kamu bawa. Maka dari itu, sangat penting untuk kamu mengetahui macam-macam ukuran koper.

Pada umumnya, ukran koper hanyalah sedikit yakni 20”, 24” dan 28”. Namun karena saat ini ukuran koper sangatlah beragam, mungkin karena mengikuti keinginan pasar juga, maka berikut ini adalah berbagai macam ukuran koper yang harus kamu tahu.

Kenali Terlebih Dahulu Berbagai Macam Ukuran Koper Berikut Ini!

Koper Kabin

16”

Ukuran koper yang pertama adalah koper yang bisa masuk kedalam kabin pesawat atau cabin size. Ukuran koper paling umum adalah 16”, panjang x lebar x tinggi koper ini adalah 30 x 17 x 47.

Karena ukurannya yang kecil, biasanya koper ini hanya dapat memuat sedikit barang saja dan biasanya orang menggunakan koper ini hanya bepergian sebentar saja. Atau jika kamu hendak melakukan perjalanan ke luar neger dengan menggunakan low cos carrier seperti Air Asia dan tidak membeli bagasi tambahan, maka koper dengan ukuran kecil ini sangat cocok untuk menemani perljalananmu.

18”

Masih dengan koper kabin, terdapat yang ukurannya 18” atau 33 x 20 x 43. Ukurannya ini terbilang sedikit lebih panjang dan lebar dari yang 16”, tetapi masih bisa dimasukan ke dalam kabin. Koper ini sangat cocok dibawa bepergian selama 3 hingga 5 hari.

20”

Jika kamu ingin koper yang lebih besar namun tetap bisa masuk kedalam kabin, maka pilihlan ukuran 20” ini. ukurannnya adalah 37 x 22 x 56 cm, jauh lebih tinggi dan panjang dibandingkan kedua koper sebelumnya.

Meskipun termasuk mungil, koper 20” ini bisa memuat barang-barang dan pakaianmu hingga 16” kg. Tetapi jika kamu ingin memasukannya kedalam kabin, maksimal beratnya hanya 7 kg saja. Dan koper seukuran ini sudah cukup aman untuk membawa keperluan mu selama perjalanan kurang lebih seminggu.

Koper Medium

22”

Mulai ukuran koper medium ini dan seterusnya, sudah tidak bisa kamu bawa kedalam kabin. Ukuran koper medium yang paling kecil adalah 22” alias 38 x 22 x 58 cm. Bisa dikatakan koper ini termasuk tanggung, karena terlalu kecil tidak besar juga tidak. Karena dari itulah, beberapa maskapai masih memperbolehkan koper 22” ini masuk kabin, meskipun jarang terjadi. Biasanya, hanya beberapa maskapai penerbangan saja yang memperbolehkan koper ini masuk kabin untuk penerbangan antar kota saja.

24”

Ukuran koper selanjutnya adalah 24” (43 x 23 x 63) ukuran koper ini termasuk kedalam ukuran terakhir dalam koper medium. Jadi, koper medium hanyalah memiliki dua ukuran saja. Tinggi dari koper ini sekitar dengkul orang dewasa. Koper medium ini juga cukup memuat pakaian dan barang-barang untuk bepergian selama 2 minggu dan berat yang bisa ditampungnya sekitar 26 kg.

Berbeda dengan koper ukuran 22” yang masih bisa dibawa masuk kedalam kabin, koper 24” ini dipastikan tidak bisa masuk kabin. Pasalnya, koper ini cukup tinggi dan besar, sehingga sudah tidak muat lagi didalam kabin. Jika kamu sering bepergian menggunakan maskapai penerbangan full service Garuda Indonesia, tentunya wajib memiliki koper dengan ukuran ini.

Koper Besar 

28”

Koper besar yang pertama adalah ukuran 28” yang tingginya sekitar pinggang orang dewasa. Berat yang dapat ditampung koper ini mencapai 35 kg. Ukuran koper ini termasuk paling laris dipasaran, mungkin dikarenakan besar tetapi tidak berlebihan juga besarnya.

Nah, apabila kamu hendak membeli koper berukuran besar seperti ini, usahakan cari yang bahanya kuat, pasalnya muatan koper ini cukup banyak. Jika kamu membeli koper yang terbuat dari bahan plastik tipis atau bahan yang kurang baik lainya, bisa-bisa malah kopernya pecah.

32

Berbeda dengan yang lainnya, koper 32” ini memiliki ukuran 51 x 35 x 81. Koper ini tidak terlalu banyak berada di pasaran, pasalnya ukurannya sangatlah besar dan jarang juga ada orang yang mencarinya.

Koper ukuran 32” ini dapat membawa barang bawaanmu hingga seberat 45 kg dan biasanya orang-orang akan menggunakan koper ini jika mereka akan bepergian selama 3 minggu atau lebih.

"Roda hidup terus berputar bagi sebagian orang, sisanya mah ya gitu-gitu aja."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *