Browse By

Jendela Makan Diet OCD Yang Bisa Anda Coba

lifestyle-people.com - diet ocdDiet OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet) yang digagas oleh Deddy Corbuzier ini merupakan salah satu metode diet yang terkenal dan banyak diikuti oleh masyarakat luas. Diet ini agak berbeda dari kebanyakan diet yang dilakukan dengan mengurangi jumlah porsi makan atau pantangan makan jenis makanan tertentu agar membuahkan hasil yang maksimal.

Sesuatu yang unik dalam metode ocd ini adalah diberlakukannya jendela makan untuk mengatur pola makan. Maksudnya adalah batasan waktu dimana Anda diperbolehkan makan apapun dan batasan waktu dimana Anda tidak boleh mengkonsumsi makanan tapi masih boleh minum minuman yang tidak berkalori.

Cara Diet Ocd

Bagi Anda yang tertarik dengan jenis diet ini, silahkan simak dan pelajari dengan saksama dari metode diet OCD ini agar lebih mantap dalam menjalaninya.

  1. Waktu bebas makan 8 jam dan puasa 16 jam

Untuk pemula, selama 1-2 minggu cobalah jendela makan dengan waktu bebas makan 8 jam dan puasa 16 jam agar tubuh mencoba beradaptasi terlebih dahulu. Sebagai contohnya bila Anda memulai ocd jam 2 siang, Anda dapat bebas makan hingga jam 10 malam. Di luar jam itu, Anda hanya diperbolehkan minum minuman yang tidak berkalori tetapi dilarang makan.

  1. Waktu bebas makan 6 jam dan puasa 18 jam

Setelah yakin bisa melewati hari-hari dengan metode jendela makan pertama, Anda boleh mencoba waktu bebas makan 6 jam dan puasa 18 jam. Misalnya bila Anda mulai ocd jam 2 siang, waktu bebas makan Anda sampai jam 8 malam dan sisanya puasa.

  1. Waktu bebas makan 4 jam dan puasa 20 jam

Terkesan ekstrem memang membayangkan 20 jam berpuasa dan hanya boleh minum. Bila Anda merasa ini terlalu berat, Anda bisa mengkombinasikannya dengan jendela makan ke 1 atau ke 2. Misalnya Anda memulai ocd jam 2, maka waktu bebas makan Anda hanya sampai jam 6 sore. Waktu makan Anda semakin terbatas tetapi masih tetap diperbolehkan minum minuman yang tidak berkalori.

  1. Puasa selama 24 jam

Yang paling ekstrem adalah jendela makan ke 4 ini. Anda pasti sudah membayangkan puasa dengan durasi 24 jam. Di jendela makan ini, Anda mempunyai kesempatan untuk makan sekali dalam sehari dan sisanya adalah puasa. Karena berat, Anda hanya boleh melakukannya 1-2 kali saja dalam seminggu dan diselingi dengan jendela makan yang lainnya.

Metode diet ocd ini tidak cocok dilakukan oleh anak yang masih dalam masa pertumbuhan karena dapat mengganggu tumbuh kembang tubuh. Lakukan metode ini sesuai dengan kemampuan tubuh Anda masing-masing. Selamat mencoba.

 

Baca Juga : Cara Menghilangkan Flek Hitam Dengan Bahan Alami Dan Aman