Review Brand Kosmetik dan Skin Care Terbaik

5 Fakta Tentang Freckles Pada Wajah yang Harus Anda Ketahui!

5 Fakta Tentang Freckles Pada Wajah yang Harus Anda Ketahui!

Jika dulu tampilan freckles pada wajah dianggap sebagai bentuk tampilan yang aneh, tapi kini bintik-bintik tersebut memiliki daya tarik tersendiri bagi kaum wanita. Ya, hal ini dibuktikan melalui tren makeup faux freckles yang digemari sampai sekarang. Bahkan banyak juga wanita yang rela melakukan tato freckles agar lebih praktis tanpa membuatnya dengan makeup. Namun apakah Anda sudah tahu seperti apa fakta dibalik bintik-bintik hitam itu? Jika belum tahu, yuk simak 5 fakta seputar freckles berikut ini.

Fakta Menarik Seputar Jerawat

freckles

1. Memiliki 2 Jenis

Freckles merupakan gumpalan kluster melanin yang terkonsentrasi pada lapisan epidermis kulit dengan penyebaran yang berkelompok. Pada umumnya bintik-bintik hitam pada wajah terdiri dari dua jenis. Seperti Ephelides dan Lentigo. Jenis Ephelides ini akan muncul pafa wanita yang kulitnya putih dan orang yang berambut merah. Sementara jenis Lentigo adalah bintik yang warnanya lebih gelap dan tidak memudar meski tidak terpapar sinar matahari.

2. Bersifat Genetik

Meski tidak ada manusia yang terlahir dengan freckles, tetapi bintik-bintik hitam ini bisa muncul karena adanya faktor genetik yang mengatur warna kulit dan rambut, yang biasa disebut dengan gen MC1R.  Biasanya tampilan bintik hitam di wajah ini sudah terlihat pada anak usia 1-2 tahun, terutama di bagian wajah, bahu dan lengan. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor paparan sinar matahari yang berlebihan dan penggunaan obat hormonal.

3. Mengukur Sensitifitas Kulit Terhadap Matahari

Hadirnya bintik hitam diwajah juga menjadi indikator dalam mengukur seberapa sensitif kulit Anda terhadap paparan sinar matahari. Untuk itu sebaiknya sebelum beraktivitas di luar ruangan pakailah suncsreen sebagai perlindungan kulit. Anda juga harus memperhatikan, jika bintik hitam ini terlihat semakin gelap dan ukurannya terus membesar sebaiknya segera konsultasikan hal ini dengan dermatologis.

4. Freckles Bisa Dihindari

Walaupun saat ini freckles menjadi daya tarik tersendiri, tapi tak sedikit wanita yang ingin mencegah tampilan bintik hitam muncul di wajah. Terutama bagi mereka yang mempunyai freckles secara genetik. Ada  beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah tampilannya, misalnya dengan menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan. Sedangkan jika ingin menghilangkannya secara permanen, Anda bisa mencoba berbagai perawatan seperti bleaching, laser, cryosurgery, laser yang sebelumnya harus dikonsultasikan dengan dokter kulit.

5. Freckles Akan Berubah Secara Alami

Jika diperhatikan sebenarnya tampilan bintik-bintik hitam diwajah akan berubah secara alami. Hal ini karena freckles dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Nah, bagi Anda yang tinggal di wilayah empat musim, maka tampilan bintik-bintik hitam diwajah akan tampak jelas ketika musim panas tiba, sedangkan di musim dingin tampilannya akan memudar dengan sendirinya.

Baca juga:

fakta jerawat

manfaat positif jerawat

komedo batu



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


%d bloggers like this: