0 0
Read Time:3 Minute, 7 Second

Lifestyle – Cara Menggunakan Sunscreen – Sunscreen adalah sesuatu yang harus wajib setiap hari meskipun tidak keluar rumah, untuk menghindari efek berbahaya pada kulit wajah di kemudian hari.

Sinar matahari dalam jumlah yang tepat dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Sinar matahari memancarkan sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet berperan dalam pembentukan vitamin D dalam tubuh, vitamin D membantu meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh dan memperkuat tulang.

Cara Menggunakan Sunscreen

Namun, jika kulit pada tubuh terkena sinar matahari secara berlebihan, maka dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti komedo (hiperpigmentasi) pada wajah, terbakar sinar matahari, dan kanker kulit.

Ada dua jenis sinar matahari, yaitu:

Ultraviolet A (UVA)

Panjang gelombang UVA lebih panjang dari gelombang UVB, sehingga dapat menembus bagian terdalam kulit hingga merusak kolagen dan elastin kulit, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan pigmentasi kulit.

Ultraviolet B (UVB)

Panjang gelombang sinar UVB lebih pendek dari sinar UVA, tetapi paparan radiasi lebih kuat daripada sinar UVA, yang dapat menyebabkan kulit terbakar dan meningkatkan risiko kanker.

Berikut Beberapa Jenis Sunscreen yang Banyak Beredar di Masyarakat

Saat ini banyak produk yang beredar di masyarakat yang melindungi kulit dari sinar matahari, salah satunya adalah sunscreen. Sunscreen terbagi menjadi 2 bagian, yang meliputi:

Sunscreen Chemical

Sunscreen kimia bekerja dengan membuat lapisan pada permukaan kulit untuk menyerap radiasi ultraviolet dan mengubahnya menjadi energi panas agar sinar ultraviolet tidak masuk ke dalam kulit. Jenis sunscreen kimia yang menghalangi paparan UVA mengandung bahan-bahan seperti oxybenzone, avobenzone (parsol1789), dan mexoryl. Sementara itu, sunscreen kimia yang berfungsi menghalangi sinar UVB mengandung bahan-bahan seperti oktil metoksisinamat, oktil salisilat, asam fenilbenamidazole sulfonat, dan octocrylene.

2Sunscreen Physical

Sunscreen fisik bekerja dengan membuat lapisan pada kulit luka sehingga dapat menghalangi penetrasi sinar ultraviolet ke lapisan dalam kulit. Sunscreen fisik mengandung titanium dioxide dan zinc oxide.

Untuk perlindungan maksimal, Anda harus menggunakan sunscreen jenis broad-spectrum yang melindungi dari sinar UVA dan UVB.

Sun Protecting Factor (SPF)

Selain jenis sunscreen spektrum luas, Anda juga harus memilih tingkat SPF yang cocok untuk aktivitas Anda di luar rumah. SPF yang ditampilkan pada sunscreen akan memberi tahu Anda seberapa baik produk melindungi kulit Anda dari sinar UVB, karena sejauh ini belum ada perlindungan UVA yang ditemukan. Misalnya SPF 30 berarti produk akan memperpanjang waktunya hingga 30 kali lebih lama sebelum terbakar, jika kulit Anda membutuhkan waktu 10 menit untuk terbakar tanpa perlindungan kulit, maka saat menggunakan SPF 30 kulit Anda akan memakan waktu 10 x 30 menit. menit, yaitu selama 300 menit sebelum reaksi kulit terjadi.

Jumlah SPF yang disarankan untuk penggunaan sehari-hari adalah antara – 30, SPF 15 dapat menyaring sinar UVB lebih dari 93%, sedangkan SPF 30 menyaring sinar UVB lebih dari 97%.

Cara Menggunakan Sunscreen yang Tepat

Agar sunscreen yang akan digunakan memberikan manfaat bagi kulit, harus diperhatikan dalam penggunaannya. Berikut cara menggunakan sunscreen dengan benar.

Pilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit Anda

Sebelum menggunakan masker, Anda perlu menentukan jenis sunscreen yang akan digunakan jika cocok dengan kondisi kulit Anda. Ada berbagai jenis sunscreen, termasuk gel, krim, atau semprotan.

Umumnya, untuk jenis kulit, yang terbaik adalah menggunakan sunscreen gel. Untuk jenis spray ini disarankan untuk dioleskan terlebih dahulu ke tangan yang baru di area wajah.

  • Jika kulit Anda sensitif, pilihlah sunscreen dengan sunscreen tipe fisik. Sementara sunscreen jenis kimia dapat digunakan untuk semua jenis kulit, itu baik untuk kulit yang diperlukan dan sangat membantu.
  • Durasi penggunaan sunscreen
  • Jika Anda ingin keluar rumah, pastikan untuk menerapkannya 1 jam sebelum Anda keluar rumah.
  • Mengaplikasikan ulang
  • Aplikasikan kembali penggunaan sunscreen setiap 4 jam sekali untuk menjaga perlindungan UV terhadap kulit
  • Oleskan ke area yang tidak tertutup oleh pakaian.

Ini bisa diterapkan di area yang tidak menutupi pakaian seperti wajah, leher, lengan dan kaki.

Jika setelah menggunakan sunscreen Anda mengalami reaksi alergi atau segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih detail. Disebabkan karena reaksi alergi terhadap bahan pengawet atau pewangi pada sunscreen yang digunakan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *