Macam-Macam Media Promosi
Uncategorized

Apa Sajakah Macam-Macam Media Promosi? Ini Dia Jenisnya

Apa Sajakah Macam-Macam Media Promosi? Ini Dia Jenisnya

Macam-macam media promosi digunakan untuk mengiklankan sebuah produk agar masyarakat ikut menggunakan produk tersebut.Berbagai media dapat digunakan demi melakukan promosi ini.

Untuk melakukan sebuah promosi dapat dilakukan dengan menggunakan media seperti media cetak, media elektronik, atau bahkan media sosial.Media-media yang tersedia inilah yang dijadikan jembatan antara pihak pembuat promosi dengan masyarakat luas.

Di bawah ini akan dijabarkan ketiga jenis media yang digunakan untuk promosi. Yuk, kita simak selengkapnya.

Baca juga tentang alat promosi lainnya yang berbentuk kemasan:

Macam-Macam Media Promosi Yang Digunakan

  1. Media Cetak

Media cetak merupakan salah satu media yang digunakan untuk promosi. Berikut adalah beberapa jenis media cetak :

  • Brosur

Brosur merupakan sebuah terbitan yang terdiri dari beberapa halaman dan tidak terikat dengan penerbit mana pun.Brosur biasanya dicetak dalam jumlahtertentu oleh perusahaan atau instansi yang ingin melakukan promosi tersebut.Brosur berisi tentang rincian sebuah produk yang ingin dipromosikan dandibagikan kepada masyarakat secara gratis.

  • Koran

Koran merupakan salah satu media cetak yang juga digunakan untuk promosi.Koran berisi tentang informasi-informasi serta berita penting.Koran sendirimemiliki harga yang murah dan relatif mudah untuk dibawa kemana-mana.Sehingga media ini dipilih menjadi salah satu media efektif melakukan promosi.

  • Majalah

Majalah merupakan media cetak yang menampilkan tentang berbagai macam topik disertai gambar dan foto berkualitas.Majalah juga dapat dijadikan acuan referensi karena informasi-informasi yang terkandung di dalamnya.Majalah sendiri dicetak dengan kertas yang berkualitas, sehingga dapat disimpan dalam waktu yang lama.

  1. Media Elektronik

Media kedua yang biasanya digunakan untuk promosi adalah media elektronik. Jenis dari media elektronik adalah :

  • Radio

Radio juga salah satu media yang dijadikan untuk promosi.Selain berisi tentang lagu-lagu maupun topik tertentu, radio juga biasanya menyajikan slot iklan. Slot iklan inilah yang digunakan sebagai ajang untuk mempromosikan sesuatu.

  • Televisi

Anda pasti tahu televisi merupakan salah satu media elektronik yang digemari banyak orang.Televisi menampilkan berbagai ragam acara yang dapat memberiinformasi maupun menghibur para penontonnya.Di televisi inilah jugadimanfaatkan sebagai ajang promosi.

  1. Media Sosial

Siapa yang tidak tahu media sosial?Media ini dianggap paling cepat dan efisien dalam melakukan promosi.Bahkan Anda tidak memerlukan modal jika promosi hanya dengan menggunakan sosial.Yang Anda perlukan hanyalah akun media sosial, maka Anda dapat mempromosikan sesuatu dengan mudah.

Apalagi zaman sekarang merupakan zaman gadget dan internet. Semua informasi apa pun dapat diperoleh dengan cepat. Yang termasuk dalam media sosial yaitu Facebook, twitter, Instagram, Youtube, blog, dan masih banyak lagi.

Itulah macam-macam media promosi yang digunakan oleh pihak yang ingin membuat promosi.Anda dapat memilih media promosi yang diinginkan sesuai dengan kemampuan Anda.Semoga ulasan ini bermanfaat.

Baca juga tentang:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *