Manfaat Sambiloto Untuk Kesehatan
BEAUTY & HEALTH

Inilah Beberapa Manfaat Sambiloto Untuk Kesehatan

Lifestyle-people – Manfaat Sambiloto Untuk Kesehatan -Sambiloto adalah tanaman berdaun hijau yang memiliki rasa pahit, namun memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Tanaman yang memiliki latin Androgaphis paniculata Ness dan dapat ditemukan di wilayah Asia Tenggara ini dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit.

Meskipun masih memerlukan banyak penelitian untuk membuktikan manfaat dari sambiloto ini, tetapi tidak ada salahnya jika mengatahui apa saja khasiat yang membuat tanaman ini menjadi semakin terkenal.

Inilah Beberapa Manfaat Sambiloto Untuk Kesehatan

Termasuk kedalam family Acanthaceae, Sambiloto sejak dulu sudah banyak diguakan sebagai obat tradisional. Pada tahun 1919 saja, sambiloto kerap kali digunakan untuk mengatasi masalah flu dan demam. Bahkan beberapa ada yang mengklaim jika sambiloto ini ampuh dalam menghentikan penyebaran flu India, meskipun belum ada pemubktian lebih lanjut mengenai hal ini.

Sejak saat itulah, manfaat sambiloto ini semakin dikenal banyak orang, baik untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk dalam hal meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan andrographolide yang terkandung didalamnya membuat sambiloto kerap dijadikan sebagai obat yang berkhasiat.

Tak hanya itu saja, bahkan daun sambiloto mengandung saponin, flavonoid, alkaloid dan tanin. Selain itu, sambiloto juga memiliki zat seperti lakton, kalmegin, paniculin dan hablur kuning yang dapat membuat sambiloto terasa pahit namun memiliki banyak khasiat bagi tubuh.

Manfaat Sambiloto

Banyak yang meyakini jika sambiloto ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara yang alami. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

Meredakan Panas Dalam

Ketika merasakan gejala panas dalam seperti batuk, radang tenggotokan, flu hingga alergi, banyak orang yang memanfaatkan sambiloto ini untuk meningkatkan imunitas. Sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Ada banyak sekali penelitian yang menemukan bahwa sambiloto ini memiliki potensi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Jenis kanker yang terkait adalah prstat, payudara, usus serta melanoma. Sambiloto mampu memaksimalkan fungsi chemokine sehingga pertumbuhan sel kanker dapat ditekan.

Mengatasi ISPA

Menurut sebuah penelitian yang dirilis pada tahun 2017, ditemukan manfaat sambiloto dalam mengatasi infeksi saluran pernapasan atau ISPA. Jika dibandingkan dengan tanaman herbal lainnya, sambiloto ini dapat mempersingkat durasi batuk, panas dalam danlama seseorang ketika mengalami sakit.

Sklerosis

BMC Nourology pernah meneliti jika peserta penelitan yang mengonsumsi sambiloto sebanyak dua kali selama 12 bulan dapat merasakan perbaikan dari masalah sklerosis yang di deritanya.

Sebagai Pereda Nyer

Banyak orang yang memanfaatkan sambiloto untuk menangkal bakteri, meredakan nyeri, menurunkan demam serta mengatasi cacingan yang diderita sesorang.

Baik untuk Pencernaan

Manfaat dari sambiloto selanjutnya yang juga diyakini banyak orang adalah melindungi pencernaan. Banyak yang mengklaim bahwa sambiloto ini dapat meredakan diare, konstipasi, kolik hingga nyeri di perut setelah dikonsumsi secara berkala.

Meningkatkan Imunitas Penderita HIV

Salah satu hipotesis yang hingga kini masih terus dibuktikan oleh para peneliti adalah bahwa sambiloto mampu meningkatkan kekebalan tubuh penderita HIV. Selain itu, sambiloto juga membantu produksi sel darah merah pada penderita HIV.

Meredakan Gejala Multiple Sclerosis

Didalam sebuah studi yang dirilis pada jurnal BMC Nourology menyimpulkan bahwa sambiloto dipercaya dapat meredakan gejala lelah dan lesu pada pasien multiple sclerosis.

Dalam studi tersebut, para peserta studi yang mengonsumsi sambiloto sebanyak dua kali dalam sehari, selama satu tahun, mengalami penurunan gejala lelah dan lesu secara signifikan.

Meredakan Kolitis Ulseratif

Kolitis Ulseratif merupakan penyakit yang ditandai dengan meradangnya lapisan usus besar. Tidak ada obat yang dapat mengatasi kolisi ulseratif ini. Namun, dalam sebuah penelitian yang dirilis jurnal Alimentary Pharmacology and Therapeutics, ekstrak sambiloto dipercaya lebih ampuh dibandingkan obat plasebo.

Itulah beberapa manfaat sambiloto untuk kesehatan dalam mengatasi berbagai penyakit, namun lagi-lagi masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Jika kamu ingin mencoba manfaat dari sambiloto, maka kamu wajib berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Efek Samping Konsumsi Daun Sambiloto

Terlepas dari banyaknya manfaat sambiloto bagi tubuh, perlu di ingat pula risiko efek samping yang mungkin terjadi. Beberapa contohnya seperti sakit kepala, lemas, reaksi alergi, mual serta diare.

Orang yang mengonsumsi obat tertentu, terutama terkait dengan tekanan darah sebaiknya juga menghindari konsumsi sambiloto. Masih membutuhkan banyak penelitian untuk mengetahui aman atau tidaknya mengonsusmsi sambiloto secara berkala. Dan sebaiknya, jangan terburu-buru menggunakan sambiloto sebagai oat untuk berbagai penyakit, karena penelitian seputar hal tersebut juga masih berkembang. Sementara itu, sebaiknya selalu konsultasikan pada dokter jika ingin mengonsumsi sambiloto sebagai alternatif obat herbal.

"Roda hidup terus berputar bagi sebagian orang, sisanya mah ya gitu-gitu aja."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *