Munculnya Jerawat di Kepala
0 0
Read Time:2 Minute, 37 Second

Lifestyle – Jerawat di kepala – Jerawat di kepala bisa muncul karena beberapa faktor sehingga menyumbat pori-pori kepala. Seperti halnya tidak menjaga rambut dan kulit kepala, anggota rambut yang jarang bersih, menunda keramas setelah berolahraga, menggunakan sampo, atau minyak rambut secara berlebihan, dan kebiasaan buruk lainnya.

Munculnya Jerawat di Kepala

Tak hanya itu, makanan ternyata bisa menyebabkan jerawat di kepala. Apa saja jenis makanan tersebut? Berikut adalah makanan penyebab jerawat di kepala, diantaranya adalah:

Makanan manis

Makanan manis atau tinggi gula seperti roti, cake, dan cokelat bisa menjadi penyebab jerawat di kepala. Sebab makanan tersebut dapat meningkatkan kadar glukosa yang tinggi dalam tubuh dan meningkatkan hormon insulin. Naiknya hormon insulin dalam darah dapat meningkatkan jumlah kelenjar minyak dan kelenjar keringat pada kepala. faktor inilah yang kemudian memicu timbulnya jerawat. Glukosa yang tinggi tersebut dapat menyumbat pori-pori di kepala sehingga memicu terjadinya hal tersebut.

Makanan yang disukai

Penyebab jerawat selanjutnya adalah makanan seperti kentang goreng, keripik, dan macam-macam gorengan. Makanan tersebut dapat membuat minyak menghasilkan lebih banyak minyak. Asupan minyak yang berlebihan hanya menjadi makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus, namun juga di kepala.

Asam lemak pada makanan syring juga menyebabkan peradangan sehingga tidak menutup kemungkinan jerawat menjadi bertambah parah. Batasi makanan dan cuci wajah Anda dengan teratur untuk mengurangi efek jerawat di kepala.

Susu

Susu dan produk olahan susu seperti keju dan mentega dapat memicu jerawat. Hormon insulin Olahan susu memicu timbulnya IGF-1 yang bersifat sebagai pencetus jerawat. Mengapa hal ini terjadi? Karena olahan susu seperti yogurt, es krim, atau susu dengan perisa cenderung mengandung gula yang lebih banyak.

Seperti yang sudah ditlaskan sebelumnya, kadar gula yang banyak dapat memicu insulin dalam darah sehingga produksi sebum lebih cepat. Kadar protein tinggi yang dimiliki oleh susu juga dapat meningkatkan resiko kompleksitas masalah kulit akibat inflamasi yang didapatkan dari hormon androgen.

Mungkin konsumi susu dan olahan susu bukan menjadi penyebab utama, tetapi alangkah baiknya jika Anda menguranginya saja. Jika memang Anda merasa bahwa produk susu tersebut disebabkan oleh jerawat Anda, maka Anda tidak perlu mengurangi mengonsumsi susu memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh.

Nasi putih

Nasi putih dianggap sebagai makanan penyebab jerawat terutama di kepala. Segala jenis olahan makanan yang berasal dari beras putih sepert kue beras dapat meningkatkan kadar gula dalam darah naik drastis. Karbohirat yang berada dalam nasi putih akan diubah menjadi glukosa. Ketika glukosa menempel pada kolagen, saat itu pula kolagen rusak. Jika ingin memiliki jerawat dan mengurangi porsi mengonsumsi nasi putih, sebaiknya Anda kurang memakan makanan manis dalam sehari. ‘

Kerang-kerangan

Kerang-kerangan jenis udang dan lobster memiliki kandungan yodium yang tinggi. Namun, bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, kerang-kerangan justru memicu timbulnya bakteri penyebab jerawat di kepala. Bukan menghindarinya, mungkin saat mengonsumsi, Anda bisa mengurangi porsi dari kerang-kerangan yang akan Anda konsumsi dan ganti dengan makanan penghilang jerawat.

Penuaan non-organik

Sebenarnya bukan daging yang menjadi masalah, namun fakta di lapangan mengungkapkan bahwa unggas maupun daging sapi mengandung antibiotik berkadar tinggi agar hewan tersebut dalam keadaan yang sehat. Antibiotik yang masuk ke dalam tubuh ini akan mengganggu keseimbangan bakeri baik dan jahat dalam tubuh. Tak hanya itu, antibiotik tersebut memainkan ancaman kesehatan kulit seperti memicu jerawat tumbuh.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *