jerawat gatal

Ternyata Ini Penyebab Jerawat Gatal dan Efeknya Bagi Kulit

Sebenarnya jerawat tidak terlalu berbahaya, hanya saja kadang jerawat menimbulkan rasa gatal yang mengganggu aktivitas. Rasa gatal yang ditimbulkan pada jerawat bisa menyebabkan terjadinya peradangan pada kulit wajah. Pada bagian kulit kering menjadi tempat pilihan untuk munculnya jerawat, sebab pada daerah ini terjadi penumpukan-penumpukan sel-sel kulit mati. Kulit kering juga bisa menyebabkan rasagatal yang berlebih, meskipun daerah tersebut tidak ada jerawat.

Maka kita wajib tahu bagaimana penyebab terjadinya rasa gatal tersebut serta memberikan solusi terbaik cara mengatasinya agar tidak menjadi parah. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Penyebab Jerawat Gatal

jerawat gatal

1. Iritasi kulit

Iritasi kulit yang disebabkan oleh pemakaian berbagai macam obat tertentu pada wajah, serta produk perawatan wajah seperti sabun pembersih wajah atau kosmetik lain yang tidak sesuai dengan kulit Anda. Kulit yang sensitif bisa menyebabkan gatal pada jerawat di wajah. Ini mungkin disebabkan oleh kandungan bahan-bahan atau zat kimia dalam kosmetik yang bukan menjadi obat penghilang gatal, tapi gatal menjadi semakin parah.

2. Malas mencuci muka

Bagi siapapun yang jarang mencuci muka tentu akan rentan untuk terkena rasa gatal pada jerawat di wajah. Hal ini terjadi karena adanya debu dan polusi di luar sana yang berpotensi membuat iritasi di wajah dan rasa gatal yang tidak bisa dikendalikan. Salah satu cara untuk menghindarinya yaitu dengan rutin mencuci muka.

3. Makanan tidak sehat

Saat ini masyarakat lebih sering memilih untuk makan makanan cepat saji yang dirasa sangat mudah dilakukan dan paling mudah didapat. Padahal dengan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat atau cepat saji  bisa menimbulkan rasa gatal pada jerawat yang ada di wajah. Bukan cuma makanan cepat saji, mengkonsumsi makanan berminyak dan berlemak juga bisa membuat jerawat menjadi gatal.

Efek jerawat gatal

Gatal yang ditimbulkan oleh jerawat akan membuat peradangan kulit di wajah. Jika tidak diatasi dengan benar, rasa gatal pada diwajah akan semakin parah. Karena terlalu seringnya menggaruk jerawat, membuat kulit menjadi merah. Ada beberapa efek gatal pada jerawat seperti berikut ini:

  • Infeksi

Infeksi yang terjadi pada wajah disebabkan oleh beberapa hal. Seperti infeksi pada kulit bisa disebabkan karena adanya paparan bakteri, virus atau mikroba yang menyebabkan menularnya rasa gatal ke daerah lain. Untuk itu, hindari menggaruk secara berlebihan. Jika Anda menggaruknya maka akan membuat kulit menjadi infeksi. Selain itu, infeksi bisa terjadi karena tangan yang Anda gunakan untuk menggaruk kotor. Seperti yang kita tahu bahwa keadaan kulit saat  mengalami jerawat biasanya kering dan kehilangan kelembabannya.

  • Meninggalkan bekas

Saat Anda menggaruk rasa gatal tersebut, tentu akan menimbulkan bekas jerawat. Bekas jerawat ini dapat berubah bintik hitam atau sedikit kemerahan yang akan sangat mengganggu penampilanmu. Jika Anda terlalu berlebihan dalam menggaruk jerawat ini maka bekas bukan lagi berbentuk bintik hitam tetapi bisa seperti lubang di wajah. Untuk itu, hindari menggaruk diwajah dengan keras  agar Anda bisa terbebas dari segala resiko yang sangan fatal tersebut.

  • Memicu keluar darah

Jika Anda mengalami jerawat yang gatal secara refleks di wajah Anda, goreslah pada mereka. Terkadang Anda secara tidak sengaja menggaruknya. Jika Anda menggaruknya terlalu kasar, kemungkinan jerawat akan berdarah di wajah Anda. Darah ini bisa menyebar ke area lain dan menyebabkan tumbuhnya jerawat baru.

 

Baca juga: Punya Jerawat Saat Hamil? Ini Dia Obat Jerawat Alami Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *