Perawatan Wajah Berjerawat dengan Mudah dan Alami

Perawatan wajah berjerawat dimulai dengan hal yang paling dasar yaitu kebersihan, agar masalah pada kulit wajah tidak terjadi.

Berbagai macam perawatan pada wajah berjerawat, baik caranya maupun bentuknya sudah disesuaikan dengan tipe kulit yang kering, sensitif, berminyak, hingga kombinasi.

Perawatan wajah berjerawat tidak diperbolehkan mencoba untuk menyentuh atau menekan, hal tersebut dapat menyebabkan luka permanen atau menimbilkan bekas luka.

Membersihkannya juga harus dengan pembersih bebas berminyak untuk menjaga wajah dan leher.

Membersihkan wajah 2 kali sehari adalah cara yang paling efektif untuk menghilangkan kotoran, minyak, polusi dan kelebihan minyak dari kulit Anda.

Khususnya untuk kaum wanita jangan lupa menghapus make up dengan menggunakan make up remover, dan lakukan ini sebelum Anda pergi ke tempat tidur (bukan di pagi hari).

perawatan wajah berjerawat
perawatan wajah

Inilah Tips Perawatan Wajah Berjerawat secara Alami :

1. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan kulit wajah merupakan hal yang paling utama dan mendasar, karena kotoran dan debu yang menyumbat pori-pori wajah dapat menumpuk dan menyebabkan jerawat.

Dengan membersihkan wajah rutin minimal 2 kali sehari saat mandi. Jika wajah anda masih kotor saat tidur, hal ini membuat proses regenerasi sel kulit wajah bisa terganggu.

2. Hindari Penggunaan Kosmetik Berat

Memilih kosmetik haruslah cerdas, dengan menggunakan kosmetik berat atau kosmetik yang padat dan berlapis-lapis akan menyumbat pori-pori kulit wajah Anda.

Sehingga dapat memudahkan munculnya jerawat lebih banyak.

Penggunaan kosmetik yang berlebihan juga akan menyulitkan kulit wajah untuk bernapas. Sebaiknya bagi anda yang masih berusia remaja, BB cream juga bisa menggantikan foundation untuk kosmetik yang lebih ringan.

Produk kecantikan yang mencerahkan sangat tidak dianjurkan untuk kulit yang berjerawat begitu juga dengan memakai scrub yang butirannya kasar sebab akan membuat jerawat semakin parah dan buruk.

Pilihlah perawatan wajah berjerawat secara alami yang tidak ada efek sampingnya.

3. Menggunakan Masker Madu

Masker madu dapat menyembuhkan jerawat yang timbul pada wajah  dan memiliki kandungan yang sangat baik untuk menutrisi kulit wajah tanpa membuatnya kering.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, yang pertama, sebelum mengaplikasikan masker bersihkan wajah Anda terlebih dahulu.

Kemudian oleskan madu pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

4. Menggunakan Air Jeruk Nipis atau Lemon

Jeruk nipis atau lemon memiliki kandungan vitamin C di dalamnya yang dapat merangsang proses regenerasi sel kulit pada wajah.

Caranya juga mudah, untuk wajah anda berjerawat bisa menggunakan air perasan jeruk nipis atau lemon, lalu usapkan pada bagian yang berjerawat menggunakan kapas lembut.

Diamkan selama 15 menit, setelah kering bilas bersih dengan air dingin.

5. Makanan yang Harus di Hindari

Bukan hanya perawatan dari luar saja yang bisa bermanfaat dalam perawatan wajah berjerawat secara alami, namun perawatan dari dalam juga sangat diperlukan untuk mengatasi muka yang berjerawat.

Untuk Anda yang memiliki wajah yang berjerawat hindarilah memakan makanan ini :

  1. Gorengan

Gorengan memiliki kandungan minyak yang akan berpengaruh pada wajah, memakan makanan yang digoreng akan menambah kadar minyak di wajah dan memicu timbulnya jerawat. Oleh sebab itu hindarilah makanan yang digoreng.

  1. Makanan Berlemak

Mulai sekarang hindarilah juga makanan yang berlemak, sebab makanan yang berlemak akan memicu jerawat timbul lebih banyak dan merata. Jika kandungan lemak di wajah semakin banyak maka mengakibatkan pori-pori wajah tersumbat. Oleh karena itu perawatan wajah berjerawat membutuhkan cara yang tepat agar tidak berdampak serius.

Sumber: cariterus.com

Baca juga: Cara Menggemukan Badan Dengan Metode Yang Sehat 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *