Lifestyle – Perbedaan Jerawat dan Herpes – Tumbuhnya jerawat seringkali mengganggu penampilan, apalagi jerawat bisa muncul di berbagai bagian tubuh. Tidak hanya di wajah, jerawat juga bisa muncul di leher, punggung dan juga di area genital, yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan dalam aktivitas sehari-hari. Namun tahukah Anda bahwa ternyata tumbuhnya jerawat di bagian tubuh tertentu juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit? Salah satunya adalah penyakit herpes.

Perbedaan Jerawat dan Herpes yang Harus Kamu Tahu

Jerawat dan herpes sering dikaitkan karena kesamaannya. Oleh karena itu, Anda tidak boleh mengabaikan jerawat yang muncul, terutama di area organ vital, rektum dan juga di dalam mulut. Mengapa wilayah? karena area tubuh ini adalah beberapa tempat di mana gejala herpes sering muncul. Jadi bagaimana jerawat dibedakan dari herpes? Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas perbedaan antara jerawat dan herpes yang perlu Anda pahami agar dapat memberikan pengobatan yang tepat. Beberapa perbedaan tersebut antara lain:

Bentuk

Perbedaan pertama yang mungkin Anda perhatikan adalah bentuk jerawat dan herpes itu sendiri. Meski keduanya berbentuk seperti benjolan dan mirip, namun jika diperhatikan bentuk jerawat dan herpes juga sedikit berbeda. Jerawat biasanya tumbuh menyerupai bisul atau benjolan berisi nanah. Sedangkan herpes akan berkembang berupa benjolan yang berisi cairan bening seperti lecet.

Sifat Jerawat

Selain bentuknya, Anda juga bisa membedakannya dari sifat jerawat dan herpes. Jika Anda berhati-hati, jerawat biasanya akan berkembang dengan sendirinya di area tubuh tertentu, seperti wajah atau area lainnya. Namun, tidak seperti jerawat yang tidak berkembang dalam rumpun, herpes umumnya berkembang dalam kelompok di area tubuh tertentu.

Lokasi

Perbedaan selanjutnya adalah lokasi tumbuhnya jerawat dan herpes. Seperti yang sudah disebutkan di atas, jerawat yang berkembang di area tubuh tertentu bisa menjadi tanda penyakit herpes, jadi sebaiknya Anda coba perhatikan lagi. Jerawat dapat berkembang di area tubuh mana pun, terutama di wajah, leher, dan punggung. Sedangkan herpes akan lebih berkembang di area tertentu seperti mulut, mata, hidung, bahkan alat kelamin dengan bentuk yang mirip jerawat.

Efek

Efek pertumbuhan jerawat dan herpes pada tubuh juga berbeda. Jerawat yang biasanya kecil dan hanya berlangsung beberapa hari, biasanya hanya menimbulkan sedikit rasa sakit saat disentuh, bahkan ada yang tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali. Ini berbeda dengan herpes, yang lebih besar dan bertahan lebih lama dari jerawat. Herpes sendiri sering menyebabkan nyeri kulit yang parah, dan herpes juga dapat menyebabkan demam dan pembengkakan kelenjar. Bahkan saat terjadi infeksi herpes akan menimbulkan rasa terbakar yang pastinya sangat tidak nyaman.

Penyebab

Perbedaan antara jerawat dan herpes adalah penyebabnya. Seperti diketahui, banyak jerawat disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh minyak, kotoran, dan juga oleh infeksi bakteri penyebab jerawat. Tak hanya itu, jerawat juga bisa disebabkan oleh ketidakstabilan hormonal yang ditimbulkan jerawat pada tubuh. Sedangkan herpes, yang biasanya berkembang di mulut atau area kemaluan, terutama disebabkan oleh infeksi virus herpes, yang juga dapat ditularkan saat berhubungan seksual. Itu sebabnya pengobatan untuk jerawat dan herpes harus berbeda.

Pengobatan

Seperti disebutkan di atas, pengobatan jerawat dan herpes juga berbeda satu sama lain. Sementara jerawat dapat dengan mudah diobati karena sifat dasarnya yang tidak bertahan lama, jerawat dapat diobati dengan berbagai obat jerawat alami atau obat jerawat kimia, serta rutinitas sehari-hari. Berbagai contohnya seperti rutin membersihkan wajah dan kulit, menjaga kebersihan, tidak memencet jerawat, menjaga pola makan dan pola hidup sehat.

Tidak seperti jerawat, mengobati herpes pasti membutuhkan perhatian lebih. Oleh karena itu, untuk mengobati herpes, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mencegah infeksi lebih lanjut. Dokter biasanya akan memberikan sabun khusus pembersih wajah, obat oral, atau obat berupa salep.

Berikut beberapa perbedaan antara jerawat dan herpes yang perlu Anda pahami agar dapat memberikan pengobatan yang tepat dan mencegah efek buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Perlu juga diingat bahwa walaupun jerawat dan herpes berbeda, namun dilarang untuk memencet keduanya. Mirip dengan jerawat dipencet atau dibiarkan, herper juga tidak boleh dipencet dan dipegang pasalnya dapat menyebabkan infeksi berlanjut hingga dapat memberikan bekas koreng pada kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *