Pola Makan Diet Sehat

Artikel Kesehatan dan Tips Kecantikan – Pola Makan Diet yang Baik dan Benar Untuk Turunkan Berat Badan

Pola Makan Diet merupakan salah satu cara paling ampuh untuk menurunkan berat badan. Jadi tidak heran jika banyak sekali orang yang merasa kurang percaya diri dengan berat badan berlebih. Kemudian mereka melakukan diet dengan tujuan bisa mendapatkan berat badan yang ideal. Melakukan pola makan diet menjadi solusi terbaik untuk mengurangi berat badan Anda. Bagaimana caranya? Dapatkan rahasianya di bawah ini!

Standar Pola Makan Diet yang Baik dan Benar untuk Menurunkan Berat Badan

Diet bukan berarti Anda mengurangi jam makan atau tidak makan sama sekali. Anda juga harus makan dengan teratur sebagaimana biasanya.

Pola makan diet yang baik dan benar adalah dengan tetap makan teratur pada jam-jam biasanya seperti pagi, siang, dan malam, tapi dengan porsi yang lebih sedikit dan berhenti makanlah sebelum merasa kenyang. Berikut pola makan diet yang baik dan benar untuk menurunkan berat badan;

  • Makan Pagi

Awali hari Anda dengan menu sarapan yang kaya akan karbohidrat karena untuk beraktivitas tubuh membutuhkan energi yang dihasilkan dari karbohidrat tersebut. Jika Anda termasuk orang yang memiliki aktivitas padat, Anda bisa menambahkan asupan segelas susu agar tetap sehat dan kuat dalam menjalankan aktivitas harian Anda.

  • Makan Siang

Saat makan siang, makanlah makanan yang mengandung serat dan protein untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh dan berat badan stabil. Selain itu, protein juga bisa menjadi sumber energi alternatif bagi tubuh.

  • Makan Malam

Makan malam adalah saat yang tepat untuk mengonsumsi makanan rendah lemak dan bervitamin seperti sayur-sayuran dan buah buahan.

Bagaimana dengan camilannya? Kamu yang belum bisa menahan diri kalau tidak ngemil bisa coba mengonsumsi 245 gr yoghurt rendah lemak dengan potongan buah.

Nah, biasanya kalau tidak mengonsumsi makanan lezat favorit yang tinggi lemak serta kalori terkadang bisa membuat orang yang sedang diet menjadi stress.

Untuk itu, kamu boleh saja mengonsumsi makanan berlemak atau berkalori tinggi sewaktu-waktu, misal hanya pada hari minggu saja. Tapi hari berikutnya, kamu harus kembali lagi mengonsumsi makanan rendah lemak karena berguna untuk menghindari penumpukan kalori yang bisa menjadi lemak.

Baca Juga : Cara Merawat Rambut Kering, Kasar, dan Bergelombang Secara alami

Diet Pisang

lifestyle-people.com - Diet Pisang pola makan diet

Manfaat Diet Pisang Bagi Wanita

Artikel Kesehatan dan Tips Kecantikan – Memiliki bentuk tubuh yang ideal merupakan impian bagi hampir seluruh kaum wanita. Namun, terkadang banyak wanita yang belum tahu cara yang tepat untuk berdiet sehat untuk membentuk tubuh yang ideal. Sebenarnya nih, ada satu tips jitu untuk membuat diet Anda berhasil, yaitu diet pisang. Diet pisang adalah program diet yang dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Yang perlu Anda ketahui, bahwa diet dengan pisang ini dilakukan untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Dengan mengonsumsi pisang setiap harinya dengan porsi yang dianjurkan, Anda akan bisa menurunkan berat badan Anda.

Manfaat Buah Pisang Untuk Diet

Pisang adalah buah sehat yang mengandung banyak serat dan potasium. Kandungan ini dapat membuat seseorang mendapatkan efek kenyang. Dengan mengonsumsi pisang setiap hari, hal tersebut akan menekan nafsu makan Anda yang berlebihan.

Pisang adalah buah sehat yang mengandung banyak enzim dan juga vitamin B6, yang dapat membantu pembakaran lemak dan kalori pada tubuh. Selain itu, makan buah pisang setiap hari juga akan membuat tubuh Anda dapat melalukan proses metabolisme dengan baik.
Selain manfaatnya, Anda juga harus tahu aturan diet buah pisang dalam kehidupan sehari-hari, berikut penjelasannya:

Pola Makan Diet Buah Pisang

  • Makan Pagi

Anda dianjurkan untuk mengonsumsi satu buah pisang di pagi hari sebelum Anda melakukan sarapan pagi. Hal ini dilakukan untuk membuat Anda dapat mengontrol jumlah makanan yang akan dikonsumsi saat sarapan pagi. Dengan demikian, porsi makanan tambahan lainnya akan berkurang dan Anda bisa memulai dengan mengurangi kalori yang ada pada tubuh Anda.

  • Makan Siang

Konsumsilah satu buah pisang sebelum makan siang. Sama halnya dengan makan pagi, hal ini juga dilakukan untuk mengurangi jumlah kalori berlebih yang ada pada tubuh Anda.

  • Makan Sore atau Malam

Jika Anda merasa mulai lapar dan badan terasa lemas pada saat menjelang sore atau malam, konsumsilah satu sampai dua buah pisang. Khusus untuk sore dan malam hari, kurangilah mengonsumsi makanan yang berlemak dan berkarbohidrat tinggi. Gantilah makanan pokok Anda dengan sebuah pisang.

Diet Ketogenik

lifestyle-people.com - Manfaat Diet Ketogenik

Manfaat Dari Diet Ketogenik

Artikel Kesehatan dan Tips Kecantikan – Sudahkah Anda tahu apa itu diet keto? Diet Ketogenik (keto) adalah salah satu metode diet ekstrem untuk mendapatkan tubuh ideal dalam waktu singkat. Diet keto atau ketogenik ini biasanya dilakukan dengan menjaga pola makan dengan menghindari makan berlemak dan berkabohidrat tinggi. Walaupun diet ini tergolong metode diet yang cukup ampuh untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang berpendapat kalau diet ini kurang baik untuk dilakukan.lifestyle-people.com – Manfaat Diet Ketogenik

Pada kesempatan ini kami akan membagikan info mengenai cara dan manfaat diet keto (ketogenik), berikut ialah penjelasan selengkapnya:

Cara dan Manfaat Diet Ketogenik

Diet keto ini biasanya dilakukan dengan mengurangi jumlah konsumsi karbohidrat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya mengurangi makan nasi.

Setelah itu, Anda juga harus hindari mengonsumsi makanan berlemak dan mengandung glukosa tinggi. Dengan cara demikian Anda bisa menurunkan berat badan Anda secara cepat. Lalu apa sih manfaat dari diet keto ini?

Manfaat diet ketogenik bagi tubuh manusia, antara lain:

  • Menurunkan berat badan dalam kurun waktu yang sangat singkat. Penurunan berat badan tersebut akan stabil selama satu tahun terakhir. Jadi bagi Anda yang ingin mendapatkan tubuh ideal dengan jangka waktu yang lama diet keto ini sangat tepat untuk dilakukan.
  • Diet keto ini merupakan cara ampuh untuk membantu penderita obesitas dalam penurunan kadar gula dalam tubuh. Dengan mengurangi asupan makanan yang mengandung glukosa tinggi, penderita akan berangsur sembuh dari sakitnya.
  • Diet keto sangat bermanfaat untuk menekan rasa lapar yang ada pada tubuh manusia. Jika Anda sering merasakan lapar terus-menerus dalam keseharian, diet keto ini sangat cocok untuk dilakukan.
  • Diet keto juga bermanfaat untuk membantu mencegah gejala lanjut dari penyakit epilepsi pada anak.

Manfaat diet ketogenik di atas bisa Anda manfaatkan secara baik dan benar. Untuk Anda yang mempunyai kadar lemak tinggi pada tubuh, tidak ada salahnya jika mencoba metode diet ini dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, yang perlu Anda ingat bahwa diet ini juga mempunyai efek samping yang bisa menurunkan berat badan Anda secara drastis. Oleh sebab itu, maka lakukan diet keto ini dengan benar dan sesuai dengan aturannya. Akan lebih baik lagi jika Anda mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau ahli gizi.

Diet Ala Dewi Hughes

lifestyle-people.com - pola makan diet kenyang ala dewi hughes

Tips Diet Ala Dewi Hughes – Langkah awal yang dilakukan pola makan diet kenyang Hughes adalah dengan mengontrol ketenangan diri terlebih dahulu. Ia percaya bahwa dengan pikiran yang tenang dan positif, metode dietnya bisa berjalan dengan lancar.

Setelah ia telah memiliki pikiran yang positif dan jernih, Hughes memulai dengan mengatur gaya hidup sehatnya. Dengan mengurangi makanan dan minuman dalam kesehariannya, Hughes merasakan dampak positif pada program penurunan berat badannya.

Pola makan diet Ala Dewi Hughes

Pada langkah berikutnya, Hughes memulai dengan memilah makanan yang sehat. Ia lebih mengonsumsi makanan segar seperti buah dan sayur. Dalam mengonsumsi makanan sehat tersebut, Hughes mempunyai langkah-langkah khusus sendiri, antara lain:

  • Hughes mengkonsumsi buah-buahan dalam jumlah banyak dalam rentang waktu setiap 2 jam sekali.
  • Selain buah dan sayur, hughes juga mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging, ikan, dan juga telur.
  • Dalam mengkonsumsi makanan berprotein tersebut, hughes hanya memakan secukupnya saja dan sekali dalam sehari.
  • Dalam kesehariannya, hughes lebih memilih mengkonsumsi minuman air putih, dibandingkan dengan minuman yang mempunyai rasa tidak alami. Kurang lebih dalam sehari ia meminum 1,5 liter air putih.
  • Mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat. Hughes lebih memilih memakan kentang sebagai makanan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam tubuhnya di bandingkan dengan mengkonsumsi nasi.

Dengan menjalani diet kenyang hughes tersebut, ia telah mendapatkan hasil yang sangat maksimal. Kini ia telah memiliki tubuh ideal yang sehat.

Jika Anda juga ingin mendapatkan tubuh ideal dan juga sehat, Anda bisa kok memulainya dengan melakukan beberapa langkah diet ala hughes di atas. Semua metode diet sebenarnya bisa terwujud, itu semua hanya tergantung niat dan usaha setiap pelakunya

Diet OCD

lifestyle-people.com - Tips diet ocd - pola makan diet OCD

Diet OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet) yang digagas oleh Deddy Corbuzier ini merupakan salah satu metode diet yang terkenal dan banyak diikuti oleh masyarakat luas. Diet ini agak berbeda dari kebanyakan diet yang dilakukan dengan mengurangi jumlah porsi makan atau pantangan makan jenis makanan tertentu agar membuahkan hasil yang maksimal.

Pola Makan Diet OCD

Bagi Anda yang tertarik dengan jenis diet ini, silahkan simak dan pelajari dengan saksama dari metode diet OCD ini agar lebih mantap dalam menjalaninya.

  • Waktu bebas makan 8 jam dan puasa 16 jam

Untuk pemula, selama 1-2 minggu cobalah jendela makan dengan waktu bebas makan 8 jam dan puasa 16 jam agar tubuh mencoba beradaptasi terlebih dahulu. Sebagai contohnya bila Anda memulai ocd jam 2 siang, Anda dapat bebas makan hingga jam 10 malam. Di luar jam itu, Anda hanya diperbolehkan minum minuman yang tidak berkalori tetapi dilarang makan.

  • Waktu bebas makan 6 jam dan puasa 18 jam

Setelah yakin bisa melewati hari-hari dengan metode jendela makan pertama, Anda boleh mencoba waktu bebas makan 6 jam dan puasa 18 jam. Misalnya bila Anda mulai ocd jam 2 siang, waktu bebas makan Anda sampai jam 8 malam dan sisanya puasa.

  • Waktu bebas makan 4 jam dan puasa 20 jam

Terkesan ekstrem memang membayangkan 20 jam berpuasa dan hanya boleh minum. Bila Anda merasa ini terlalu berat, Anda bisa mengkombinasikannya dengan jendela makan ke 1 atau ke 2. Misalnya Anda memulai ocd jam 2, maka waktu bebas makan Anda hanya sampai jam 6 sore. Waktu makan Anda semakin terbatas tetapi masih tetap diperbolehkan minum minuman yang tidak berkalori.

  • Puasa selama 24 jam

Yang paling ekstrem adalah jendela makan ke 4 ini. Anda pasti sudah membayangkan puasa dengan durasi 24 jam. Di jendela makan ini, Anda mempunyai kesempatan untuk makan sekali dalam sehari dan sisanya adalah puasa. Karena berat, Anda hanya boleh melakukannya 1-2 kali saja dalam seminggu dan diselingi dengan jendela makan yang lainnya.

Metode diet ocd ini tidak cocok dilakukan oleh anak yang masih dalam masa pertumbuhan karena dapat mengganggu tumbuh kembang tubuh. Lakukan metode ini sesuai dengan kemampuan tubuh Anda masing-masing. Selamat mencoba.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *