Memakai skincare tujuannya untuk membuat kulit wajah menjadi bersih dan sehat. Tetapi, menemukan skincare yang cocok memanglah membutuhkan waktu. Pasalnya, tidak semua skincare dapat membersikan hasil yang sama di seatiap orang. Misalnya aja pada produk yang dipakai temanmu yang bisa membuat wajahnya semakin mulus, tetapi justru menimbulkan jerawat di wajahmu, itu tandanya produk tersebut tidak cocok untukmu. Lantas, apa saja tanda produk skincare yang kamu pakai tidak cocok untukmu? Yuk simak ulasannya.

Tanda Produk Skincare Tidak Cocok dengan Kulitmu!

Tanda Produk Skincare

Tampak Kemerahan pada Wajah

Kemerahan yang muncul pada area wajah biasanya disebabkan karena bahan pengawet, wewangian, asam akrilat yang ada pada produk kosmetik. Jika kamu mengalami hal ini, maka segeralah konsultasikan pada dokter. Karena jika didiamkan teralalu lama, maka dapat mengakibatkan alergi yang akan lebih sulit untuk disembuhkan.

Kulit Kering dan Gatal

Wewangian yang terdapat dalam produk skincare yang biasa kamu gunakan juga bisa membuat wajah menjadi kering, dan terasa gatal. Oleh karena itu, maka pilihlah produk skincare yang memiliki label fragrance free yang lebih aman untuk digunakan, terutama untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

Munculnya Jerawat di Beberapa Bagian

Hal ini merupakan salah satu hal yang sering terjadi jika kamu menggunakan produk yang tidak cocok. Jika kamu mengalami jerawat pada beberapa bagian namun membaik dalam sesaat, ini artinya kamu mengalami purging. Ini termasuk pertanda baik karena artinya kulit kamu sedang melakukan detoks yang akan membuat wajah kembali bersih.

Tetapi jika kamu mengalami jerawat yang semakin banyak dan tidak hilang-hilang, maka segeralah hentikan pemakaian skincaremu. Ini tandanya kamu mengalami breakout dan produk yang kamu gunakan tidak sesuai dengan jenis kulit wajahmu.

Terasa Kencang dan Tertarik

Produk skincare yang baik dan cocok untuk kulit wajah tidka seharusnya membuat kulit wajah merasa kencang dan tertarik. Hal ini biasanya terjadi jika sabun yang biasa kamu kenakan tidak sesuai. Ketika wajah terasa kencang dan tertarik, maka kulit akan terasa kering dan pori akan terlihat membesar. Untuk mengatasinya, maka gantilah sabun yang biasa kamu kenakan dengan yang memiliki pH seimbang.

Wajah Terasa Panas dan Sensasi Terbakar

Biasanya tanda ini disebabkan oleh pemakaian cream wajah yang tidak cocok. Oleh karena itu, maka segeralah cuci kembali wajahmu jika mengalami sensasi terbakar yang terasa panas.

Tidak Tampak Perubahan pada Wajah

Apabila kamu memakai produk dengan klaim dapat mencerahkan atau mengatasi jerawat, tetapi tidak merasakan hasilnya dalam jangka waktu lebih dari satu bulan. Itu tandanya produk yang kamu pakai tidak bekerja dengan baik pada kulitmu. Jika sudah demikian, maka segeralah ganti produk tersebut.

Wajah Berminyak dan Kusam

Selain beberapa tanda-tanda diatas, produk skincare yang tidak cocok biasanya akan membuat wajah menjadi berminyak dan tampak kusam. Segeralah hentikan pemakaian produk yang kamu pakai agar tidak terjadi masalah lebih lanjut.

Itulah beberapa tanda-tanda bahwa produk skincare yang kamu kenakan tidak cocok. Jika mengalami beberapa tanda-tanda diatas, maka segeralah hentikan penggunaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *