Lifestyle – Menghilangkan Sisa Cat Rambut0 – Apakah kamu suka iseng mewarnai rambut sendir dirumah? Mungkin hal tersebut dikarenakan mengonta ganti warna rambut sendiri terbilang asik untuk dilakukan. Tetapi tak jarang cat rambut menempel pada bagian tubuh seperti leher, telinga dan pastinya adalah tangan. Atau jika kamu bekerja di salon tentunya sering mendapatkan pelanggan yang ingin mewarnai rambutnya.

Tips Menghilangkan Sisa Cat Rambut di Tangan

Tips Menghilangkan Sisa Cat Rambut di Tangan

Meskipun kamu sudah berhati-hari, tetapi pasti ada saja sedikit cat yang menempel pada tangan. Tapi, kamu tidak perlu khawatir pasalnya berikut ini beberapa tips menghilangkan sisa cat rambut di tangan dengan mudah dan cepat. Yuk simak ulasannya!

Detergen

Tips yang pertama dalam menghilangkan sisa cat rambut di tangan adalah dengan menggunakan detergen. Sangat disarankan untuk menggunakan detergen cair, karena detergen bubuk biasanya akan terasa panas ketika terkena tangan.

Caranya, tuangkan sedikit detergen cair pada bagian tangan yang terkena noda cat. Setelah itu gosok tangan hingga cat meluntur dan terhapus. Apabila langkah pertama kurang tepat dalam membersihkan sisa cat rambut yang ada di tangan, maka cobalah untuk mengulangnya lagi dengan tambahan detergen yang cukup banyak. Usahakan menggunakan detergen yang terbebas dari zat pewarna dan pewangi demi menghindari terjadinya iritasi pada permukaan kulit.

Sabun Cuci Piring

Tip selanjutnya yang bisa kamu gunakan dalam menghilangkan sisa cat rambut di tangan adalah sabun cuci piring. Sama halnya seperti detergen, sabun cuci piring juga berkhasiat untuk mengangkat noda. Nah, kamu bisa menghilangkan bekas cat rambut di telapak tangan dengan menggunakan sabun pencuci piring yang pastinya ada di setiap rumah.

Pasta Gigi

Selain bisa membuat gigi menjadi bersih, ternyata pasta gigi juga memiliki manfaat dalam mengangkat noda cat rambut dari tangan. Pasta gigi sangat efektif untuk menghilangkan cat, apalagi jika catnya masuk kedalam kuku.

Caranya adalah, bubuhkan pasta gigi pada bagian tangan yang terkena cat rambut, setelah itu gosoklah menggunakan tangan atau sikat gigi yang lembut. Untuk pembilasan, sebaiknya gunakanlah air hangat daripada air dingin. Pasalnya pasta gigi mengandung bahan-bahan yang mampu mengangkat kotoran serta sel kulit mati dari tangan. Maka dari itu, pasta gigi mampu mengangkat bersih noda cat rambut di tangan.

Baby Oil atau Olive Oil

Dua jenis minyak ini dapat kamu gunakan untuk menghilangkan cat rambut di tangan. Caranya, oleskan minyak bayi atau minyak zaitun pada tangan, lalu biarkan semalaman.

Cara ini tentunya sangat aman, bahkan pada kulit sensitif sekalipun. Pasalnya, minyak dengan perlahan akan menguraikan cat rambut sekaligus melembabkan kulit.

Caranya adalah dengan menuangkan minyak zaitun atau minyak bayi ke bola kapas, kapas kecantikan atau waslap. Setelah itu siapkan juga sarung tangan atau kaos kaki untuk membungkus tangan. Hal ini harus dilakukan agar minyak tidak mengotori sprai kasur jika tangan kamu tidak dibungkus.

Makeup Remover

Jika kamu sering menggunakan make up, tentunya kamu pasti memiliki pembersih makeup atau makeup remover. Nah, benda yang satu ini bisa kamu gunakan juga untuk menghilangkan sisa cat rambut di tangan. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, maka langkah yang satu ini sangat dianjurkan. Pasalnya makeup remover di desain untuk digunakan pada wajah, mata dan bibir.

Cara menggunakannya, pertama tuangkan terlebih dahulu make up remover pada kapas kecantikan atau bola-bola kapas. Setelah itu, tekan bagian tangan yang terkena cat menggunakan kapas tersebut. Nah, akan lebih bagus lagi jika kamu mendiamkan kapas tersebut diatas noda cat selama beberapa saat sebelum kamu gosok. Jika dirasa noda cat sudah mulai larut, maka gosoklah cat hingga menghilang.

Hair Spray

Apakah kamu punya hair spray dirumah? Nah hair spray juga bisa dimanfaatkan untuk menghapus cat rambut di tanganmu. Hair spray ini dapat menguraikan ikatan cat rambut dengan kulit. Hal ini dikarenakan hair spray mengandung alkohol. Tetapi karena tugasnya adala membuat rambut kering dan kaku, maka hal tersebut berlaku juga pada kulitmu.

Maka dari itu, jangan langsung menyemprotkanya pada kulit, tetapi semprotkan terlebih dahulu pada kapas. Semprotkan hair spray secukupnya pada kapas, lalu usap-usap tangan yang terkena noda cat menggunakan kapas tersebut dan jangan lupa untuk membilas tangan menggunakan air hangat sesudahnya.

Soda Kue

Soda kue dikenal memiliki banyak manfaat. Selain sebagai bahan tambahan membuat makanan, baking soda atau sode kue juga merupakan benda yang juga dapat digunakan untuk bersih-bersih. Tentunya, soda kue juga dapat bekerja aktif dalam menghilangkan noda cat pada tanganmu. Caranya adalah dengan mencampurkannya dengan detergen cair perbandingan 1:1, setelah itu aduk hingga merata.

Soda kue bersifat abrasif, sehingga mampu menggosok sel kulit mati dari kulit yang terkena noda cat. Sedangkan detergen dapat menarik molekul cat rambut serta membersihkan kulit dengan mengangkat cat tersebut.

Itulah beberapa tips menghilangkan sisa cat rambut di tangan yang bisa kamu coba, semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *