Lifestyle – Tips Menghilangkan Stretch Mark – Stretch mark adalah garis-garis yang biasanya timbul di permukaan kulit pada area perut, paha, selangkangan, lutut, bahkan ketiak. Umumnya, stretch mark ini biasa dialami oleh wanita yang sedang hamil atau mereka yang sedang mengalami perubahan berat badan, baik meningkat ataupun menurun secara drastis. Tetapi, hal tersebut tak hanya dapat dialami oleh wanita saja, pria juga bisa memiliki stretch mark.

Tips Menghilangkan Stretch Mark dengan Mudah, Cepat dan Praktis

Tips Menghilangkan Stretch Mark

Dengan adanya stretch mark ini, tentunya dapat membuat penampilan kulit menjadi kurang indah dipandang. Nah, kamu tak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara untuk menghilangkan stretch mark yang bisa kamu coba seperti berikut ini.

Asam Hialuronat

Cara yang paling mudah dalam menghilangkan stretch mark yang pertama adalah dengan mengoleskan krim yang mengandung zat kimia berupa asam hialuronat (HA). Hal ini dikarenakan asam hialuronat dapat berfungsi secara efektif dalam menstimulasi kolagen.

Meski demikian, kamu tidak bisa sembarangan menggunakan krim ini. Pasalnya, tidak semua jenis kulit orang sama daya reaksinya terhadap asam hialuronat ini. Maka dari itu, tidak ada salahnya apabila kamu mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Retinoid

Selain mengoleskan permukaan kulit yang terkena stretch mark dengan asam hialuronat, kamu juga bisa menggunakan krim dengan bahan kimia bernama retinoid. Obat-obatan golongan retinoid seperti tretinoin ini pada umumnya digunakan untuk mengatasi permasalahan jerawat. Tetapi, obat ini juga diklaim mampu mengatasi masalah kulit lainnya seperti stretch mark.

Sama halnya seperti krim yang memiliki kandungan hialuronat, kamu juga tidak bisa sembarangan menggunakan krim dengan bahan retinoid ini tanpa anjuran dokter. Pasalnya, retinoid masuk kedalam jenis obat resep. Sehingga perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum kamu menggunakannya.

Vitamin E

Selain kedua krim tadi yang memiliki kandungan kimia, untuk cara menghilangkan stretch mark dengan praktis dan mudah berikutnya adalah menggunakan suplemen vitamin E atau produk kecantikan lainnya yang memiliki kandungan vtiamin E didalamnya.

Hal tersebut dikarenakan beberapa penelitian ilmiah sudah membuktikan bahwa vitamin E ini sangat baik untuk kulit. Karena selain dapat menutrisi dan menjaga kelembaban kulit secara alami. Vitamin E juga dipercaya ampuh dalam megatasi garis-garis pada permukaan kulit, atau yang biasa kita kendal dengan istilah stretch mark.

Melakukan Eksfoliasi

Selain dengan ketiga cara diatas, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stretch mark adalah dengan membuang sel kulit mati pada lapisan kulit terluar, atau biasa juga disebut dengan metode eksfoliasi.

Tetapi tidak semua orang bisa menempuh metode ang satu ini. Pasalnya pada sebagian orang, metode ini dapat membuat kulit menjadi memerah hingga menimbulkan jerawat. Terdapat dua jenis metode eksfoliasi kulit yang dapat kamu pilih, eksfoliasi menggunakan sikat atau spons dan menggunakan bahan kimia yang mengandung asam hidroksi.

Rutin Olagraga

Tips selanjutnya dalam menghilangkan stretch mark dengan mudah dan cepat adalah dengan berolahraga secara rutin. Pasalnya, olahraga dapat membuat darah terpompa lancar hingga ke seluruh tubuh. Sehingga sangat efektif untuk membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh stretch mark.

Maka dari itu, tidak ada salahnya apabila selalu rutin olah raga setiap hari. Karena selain mendapatkan tubuh yang sehat, dengan rutin berolah raga kamu juga bisa merawat kesehatan kulit, salah satunya adalah memudarkan bekas serta mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh stretch mark.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu coba dalam mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh stretch mark. Dengan melakukan berbagai cara tersebut, kamu bisa menghilangkan stretch mark dengan mudah dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *