obat jerawat

Rekomendasi Obat Jerawat yang Bisa Anda Dapatkan dengan Mudah di Apotek

Mengaplikasikan produk acne spot treatment mungkin menjadi salah satu langkah pertama yang akan Anda lakukan ketika jerawat tiba-tiba muncul. Kini, memang ada banyak brand skin care yang mengeluarkan produk spot treatment, baik lokal maupun buatan skin care luar negeri. Namun, dibutuhkan sedikit effort untuk mendapatkan produk-produk tersebut. Pada umumnya produk tersebut hanya dijual di department store atau gerai-gerai kecantikan saja. Lalu, apakah tidak ada cara yang lebih cepat dan mudah untuk menangani jerawat? Tenang saja, tanpa harus pergi jauh-jauh ke department store, Anda bisa mendapatkan obat jerawat di apotek. Apa sajakah itu? Baca juga ciri jerawat akan sembuh.

1. Benzolac

obat jerawat

Dibanderol harga sekitar Rp18.000-an, Benzolac merupakan salah satu pilihan obat jerawat di apotek yang paling populer. Ada tiga varian yang disuguhkn oleh brand ini, yaitu Benzolac 2.5% untuk jerawat ringan hingga sedang, Benzolac 5% untuk jerawat sedang hingga parah, dan Benzolac CL untuk jerawat batu. Benzolac sendiri mempunyai kandungan benzoyl peroxide yang bisa bekerja membunuh bakteri pemicu jerawat. Sekaligus mempercepat pengelupasan sel-sel kulit mati penyebab komedo dan jerawat. Mengingat variannya cukup variatif, Anda pun bisa dengan mudahnya memilih produk yang sesuai dengan kondisi jerawat yang dialami.

Baca juga tentang jerawat batu di dagu.

2. Medi-Klin TR

obat jerawat

Beda jerawat, tentu berbeda juga cara penanganannya. Nah, Medi-Klin TR merupakan obat jerawat dalam bentuk gel yang ditujukan untuk mengobati jerawat batu (acne vulgaris). Medi-Klin TR mengandung dua bahan aktif utama. Bahan aktif pertama yaitu clindamycin phosphate yang bekerja mengatasi infeksi bakteri dan menekan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Bahan aktif kedua adalah tretinoin yang merupakan turunan alami dari vitamin A (retinol), yang bekerja mempercepat pergantian sel-sel kulit sehingga membantu merawat kulit berjerawat parah.

3. Vitacid

obat jerawat

Obat jerawat bernama vitacid adalah salep dalam bentuk krim penghilang jerawat yang mempunyai kandungan tretinoin, yang merupakan nama generik untuk synthetic all-trans retinoic acid. Ditujukan untuk membantu mengatasi jerawat, Vitacid mengandung retinoic acid tersedia dalam berbagai presentase, yakni 0.025%, 0.05%, dan 0.1%. Serupa dengan Benzolac, untuk jerawat ringan Anda bisa menggunakan Vitacid presentase 0.025%, jerawat sedang dengan Vitacid 0.05%, dan jerawat berat dengan Vitacid 0.1%.

Baca juga: Review : Produk dari Brand Moko Moko yang Harus Anda Coba

4. PanOxyl 10 Aquagel

obat jerawat

Selain Medi-Klin TR, ada lagi satu pilihan obat jerawat di apotek yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah  jerawat batu, yaitu PanOxyl 10 Aquagel. Dengan kandungan benzoyl peroxide hingga 10%. Benzoyl peroxide efektif untuk mengatasi jerawat karena mampu membunuh bakteri, serta mengurangi inflamasi. Dengan kadar yang tinggi, benzoyl peroxide dalam PanOxyl dapat membantu mengempiskan jerawat batu dalam waktu yang relatif singkat. Namun pada saat bersamaan, potensi efek samping yang akan Anda rasakan pun semakin besar, sehingga pastikan agar Anda menggunakannya sesuai dengan instruksi yang tercantum.

Selain Medi-Klin TR, ada lagi satu pilihan obat jerawat di apotek yang bisa Anda pakai untuk mengatasi jerawat batu, yaitu PanOxyl 10 Aquagel. Dengan kandungan benzoyl peroxide hingga 10%. Obat jerawat benzoyl peroxide efektif untuk mengatasi jerawat karena mampu membunuh bakteri,

Itulah empat rekomendasi obat jerawat yang dapat Anda temui dengan mudah di apotek. Tetapi, sebelum membeli, perhatikan juga ya obat jerawat yang dijual di apotek  memiliki konsentrasi bahan aktif tinggi dan tergolong sebagai obat keras (walau tetap dijual bebas). Penggunaan yang tidak sesuai dengan dosis anjuran. Sangat memungkinkan kulit Anda terkena iritasi, timbul rasa perih, mengelupas, kekeringan, bahkan beberapa efek samping lainnya. Untuk mendapatkan  hasil terbaik, Anda tetap dianjurkan untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter kulit guna mendapatkan obat jerawat yang tepat dan sesuai dengan kondisi jerawat. Selain berkonsultasi, Anda juga tetap disarankan untuk melakukan patch test terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan produk secara langsung di area jerawat.

Baca juga: Review 5 Produk Purbasari yang Patut untuk Dimiliki dengan Harga Terjangkau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *